Jangan Gagal Paham, Wuling Almaz RS Bukan Mobil Otonom Penuh

Kompas.com - 08/04/2021, 09:22 WIB
Wuling Almaz RS Aditya Maulana - KOMPAS.comWuling Almaz RS

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz RS memiliki banyak fitur canggih dan pintar yang bisa membantu pengemudi. Tapi, bukan berarti pengemudi bisa lepas tangan dan tidur saat melaju.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sebaiknya supaya tidak gagal paham, pengemudi harus tahu detail dari kendaraannya dahulu, terutama fitur-fiturnya.

Baca juga: Adu Perfoma Almaz RS dan Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige

"Sebab, secanggih-canggihnya fitur tersebut, kendaraan itu tidak fully autonomous (otonom penuh). Artinya, fungsi dari pengemudi tidak bisa digantikan perannya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wuling Almaz RSAditya Maulana - KOMPAS.com Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS memiliki teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang mencakup Advance Driver Assistance System (ADAS). Fitur ADAS ini juga terintegrasi dengan sejumlah fitur lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada Adaptive Cruise Control (ACC) yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya, sekaligus menjaga jarak aman. Lalu, ada Bend Cruise Assistance (BCA) yang bisa mengurangi kecepatan secara otomatis ketika kendaraan memasuki tikungan.

Baca juga: Adu Fitur Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) juga membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar.

Selain itu, ada juga Lane Departure Warning (LDW) yang memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa disengaja. Ditambah lagi dengan Lane Keeping Assistance (LKA) yang secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Wuling Almaz RSAditya Maulana - KOMPAS.com Wuling Almaz RS

Sony menambahkan, fitur-fitur yang sudah tersemat pada Wuling Almaz RS ini adalah fitur yang lebih membantu tugas pengemudi, tetapi bukan mengemudi.

"Jadi, misalnya ketika mengemudi dan si driver-nya kurang fokus, ada alert atau alarm yang mengingatkan. Sistem fully otonom sekalipun, sepertinya masih canggung ketika harus ditinggal tidur kala berjalan," kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.