Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baru Produksi Mitsubishi Xpander Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 07/04/2021, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam kunjungan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke Jepang pada Maret lalu, dikabarkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) bakal menyuntikkan investasi tambahan sebesar Rp 11,2 triliun di Tanah Air.

Komitmen investasi dari Mitsubishi dilakukan sebagai langah ekspansi kapasitas produksi mobil untuk kebutuhan dalam negeri dan ekspor, sekaligus pengembangan teknologi elektrifikasi.

“Mereka akan mengembangkan hybrid, memang itu pilihan bisnis mereka, tentunya kami kawal. Selain hybrid, mereka juga akan melakukan investasi plug in hybrid” ujar Agus, dalam keterangan resminya (10/3/2021).

Baca juga: Cek Harga Innova Bekas Setelah Berlaku Diskon PPnBM

Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.MMC Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.

Menanggapi pertemuan tersebut, Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian telah melakukan melakukan pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato.

“Pertemuan berjalan dengan lancar dan tentunya kita berharap ada hubungan yang terjalin lebih erat antara MMKSI dengan Kemenperin,” ucap Nakamura, dalam konferensi virtual (6/4/2021).

Salah satu produk yang sudah disebut hadir di Indonesia, tentu saja Xpander Hybrid. Model ini tidak hanya akan diproduksi di Indonesia, tapi juga akan diekspor ke mancanegara.

Baca juga: Harga Mobil Murah Bekas April 2021, Datsun Go Mulai Rp 63 Jutaan

Mitsubishi Xpander Facelift 2020dok.MMKSI Mitsubishi Xpander Facelift 2020

Meski begitu, Nakamura masih belum mau mengungkap lebih detail terkait kehadiran mobil ini.

“Tren globalnya, kendaraan konvensional secara perlahan akan shifted ke kendaraan elektrifikasi. Dan ini telah menjadi bahan diskusi di seluruh dunia, sehingga tentunya MMKSI bersama MMC berharap kami bisa memproduksi kendaraan tersebut di Indonesia,” kata Nakamura.

Nakamura juga mengatakan, pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan kementerian terkait perlu mendapat kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Palisade

Produksi Mesin Xpander Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)Mitsubishi Produksi Mesin Xpander Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)

“Diperlukan policy dari pemerintah untuk bisa merealisasikan lebih lanjut. Sehingga policy ini bisa diimplementasikan oleh para industri untuk mempersiapkan apa yang harus disiapkan dari proyek kendaraan listrik ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, isu kehadiran Xpander Hybrid mulai mencuat saat MMC merilis rencana bisnis jangka menengah yang disebut ‘Small but Beautiful’ pada Juli 2020.

Disebutkan bahwa Mitsubishi telah menyiapkan beberapa produk baru yang akan menjadi kunci di pasar ASEAN dalam waktu dekat.

Di antara sekian model, Xpander versi Hybrid disebut akan meluncur pada tahun fiskal 2023. Pada periode itu, Xpander generasi baru juga direncanakan bakal melakukan debutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com