Ternyata Remaja Perempuan Gemar Main Ponsel Saat Mengemudi

Kompas.com - 06/04/2021, 11:42 WIB
(Ilustrasi) Mengemudi sambil selfie berpotensi berbahaya. ist(Ilustrasi) Mengemudi sambil selfie berpotensi berbahaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibandingkan pria, ternyata remaja wanita ternyata lebih senang menggunakan ponsel dan gawai elektronik ketika mengemudi.

Padahal, ponsel merupakan salah satu perangkat yang terlarang, karena bisa mengganggu konsentrasi ketika mengemudi sehingga berbahaya.

Dilansir dari Autoblog, Senin (5/4/2021), American Automobile Association (AAA) Foundation melakukan penelitian dengan memasang kamera tersebunyi di dalam mobil remaja, khususnya bagi mereka yang baru punya SIM.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Pengemudi Wanita Lebih Galak Saat Berkendara?

Data diperoleh berdasarkan riset terhadap 7.800 video tentang pengendara pemula di Carolina Utara dalam rentang enam bulan.

Kesimpulannya, pengganggu utama para remaja adalah alat elektronik, menyusul faktor lain seperti bermain-main dengan sistem kendali kendaraan, mengobrol, makan, minum, dan lainnya.

Selain itu, tercatat 10 persen remaja wanita konsentrasinya lebih gampang terganggu oleh faktor luar, misalnya mengobrol dan 50 persen sibuk memainkan gawai elektronik dan 25 persen makan atau minum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

Sementara itu, perilaku menyetir pada pria muda lebih sering memalingkan perhatian mereka dari jalan raya saat mengobrol dengan temannya di dalam mobil atau berkomunikasi dengan orang di luar kendaraan.

Juga ditemukan gejala, sebagian besar remaja yang lebih berumur, terjadi perubahan kebiasaan mengemudi. Umumnya menjadi lebih tenang dan konsentrasi lebih tinggi saat berada dibelakang kemudi.

Baca juga: 5 Kebiasaan Wajib bagi Pengemudi Wanita agar Lebih Aman di Jalan

“Studi ini juga menunjukan, rata-rata remaja melihat perangkat elektroniknya lebih dari satu detik saat mengemudi dan ada melakukannya saat tancap gas pada kecepatan 105 kpj,” ujar Peter Kissinger, Presiden AAA Fundation.

Data terakhir dari penelitian ini, perilaku menyimpang remaja saat berkendara berkurang cukup mencolok bila ada orang tua bersama mereka.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X