Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantang Maut, Pengendara Motor Wanita Ini Nyaris Tabrak Truk

Kompas.com - 06/04/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video pengendara sepeda motor wanita yang melaju di jalan raya dengan kecepatan yang cukup tinggi. Aksinya seolah menantang maut karena nyaris  menabrak truk yang melintas dari arah berlawanan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @streetmannersindonesia, tampak seorang wanita berhijab yang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi nampak mendahului beberapa mobil yang berada di depan.

Tanpa menurunkan kecepatan, wanita ini terus melaju di jalur yang berlawanan hingga hampir menyerempet sepeda motor dan nyaris menabrak truk yang membawa muatan.

Baca juga: 3 Produk Terbaru Pelumas Mobil SuperTM

Aksi tersebut tentu sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Training Director Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan, saat ini memang banyak pengendara motor wanita yang lebih berani dibandingkan pria.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

“Mereka belajar nekat dari para laki-laki. Bedanya kalau pria masih sedikit dibekali dengan skill yang mumpuni dan reaksi yang dihitung, walaupun belum tentu aman,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Sony melanjutkan, pengemudi motor wanita itu rata-rata hanya modal tiru. Bukan bermaksud membahas isu gender, namun menurutnya, kemampuan berkendara pengemudi wanita memang di bawah rata-rata dari pria.

Baca juga: Cara AXIC Rayakan 17 Tahun, Bantu Tenaga Kesehatan

“Terbukti sudah banyak kejadian kecelakaan akibat kecerobohan dalam mengantisipasi yang tidak terukur dari pengendara wanita,” katanya.

Perlu diingat bahwa potensi kecelakan di jalan raya akibat pengendara yang ceroboh sangat besar.

“Jangan mentang-mentang sudah bisa dan merasa jago kemudian show off. Nantinya hanya tinggal tunggu kecelakaan. Jadi, lebih baik kedepankan keamanan demi keselamatan,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com