5 Kebiasaan Wajib bagi Pengemudi Wanita agar Lebih Aman di Jalan

Kompas.com - 01/04/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan bermaksud membahas isu gender, tetapi ada beberapa perbedaan sudut pandang antara pria dan wanita. Salah satunya dalam urusan mengemudikan mobil.

Kebanyakan pria lebih mengutamakan logika, sedangkan wanita lebih sensitif dan menggunakan perasaan. Latar belakang sudut pandang ini bisa menjadi pemicu perbedaan ketika di balik kemudi mobil.

Beberapa penelitan menyebutkan bahwa wanita memang memiliki persentase yang lebih kecil dalam risiko buruk berkendara dibanding pria. Namun, bukan berarti wanita lebih aman, karena mereka juga cenderung memiliki kebiasan buruk saat berekendara.

Baca juga: Angka Kecelakaan Masih Tinggi, Kelalaian Pengemudi Jadi Faktor Utama

"Kecelakaan serius memang lebih sering didominasi pengemudi pria ketimbang wanita. Tapi, wanita juga memiliki beberapa sifat buruk yang sadar tidak sadar bisa berdampak fatal," ujar Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Jusri, sebagian wanita mungkin tidak menyadari hal-hal kecil yang harus diperhatikan saat berkendara. Perilaku acuh tak acuh ini bukan cuma bisa merugikan diri sendiri, melainkan juga orang lain di sekitarnya, yaitu para pengguna jalan lain.

"Pengemudi wanita sering pelan, tapi pelan pun bukan selalu berarti aman, begitu juga dengan bergerak dengan tiba-tiba bisa berakibat merugikan kita maupun orang lain sesama pengguna jalan," katanya.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

Untuk itu, Jusri memberikan beberapa hal yang wajib diperhatikan saat berkendara, khususnya bagi kaum hawa yang setiap harinya mengunakan mobil untuk beraktivitas. Apa saja?

1. Sebelum berkendara, pastikan posisi di balik kemudi cukup nyaman dan aman. Posisi duduk merupakan fondasi dalam mengendalikan mobil. Posisi yang benar harus memenuhi persyaratan ergonomi.

Posisi duduk ini membuat Anda lebih responsif ketika dalam kondisi tertentu dan tiba-tiba harus melakukan aksi manuver atau yang lain.

2. Saat bergerak, mulai dengan dengan perhitungan, artinya bergerak sesuai kebutuhan. Perhatikan lingkungan dan beri kesempatan para pemakai jalan lain mengetahui kondisi bahwa anda akan bergerak atau bermanuver (bisa dengan sein atau klakson).

Baca juga: IMI Targetkan Lebih dari 100 Kejuaraan Balap Motor dan Mobil di 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X