Kompas.com - 05/04/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Scorpio merupakan bahan favorit untuk dijadikan motor custom. Salah satunya ialah modifikasi bergaya motor trail klasik alias jadul.

Modifikasi ini dilakukan oleh bengkel Insan Motor, Bekasi, Jawa Barat. Secara umum, tampilannya mengingatkan gaya motor enduro klasik yang ringkas dan fungsional.

Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.Foto: dok. Insan Motor Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.

"Konsepnya memang trail klasik, yang kita ubah rangka belakangnya," kata Yustinus Erwan Santoso pemilik Insan Motor Bekasi, kepada Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Modifikasi Gesits, Skuter Listrik Juga Bisa Tampil Beringas

Yus panggilannya, mengatakan, untuk mendapat proporsi yang ideal maka tangkinya bikin sendiri alias custom, desainnya mengikuti desain tangki Yamaha DT.

Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.
Foto: dok. Insan Motor Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.

Kaki-kaki standar digusur, biar lebih jangkung pelek depan menggunakan lingkar 21 inci dan belakang 18 inci. Suspensi depan punya asli Scorpio namun dibuatkan kondom agar lebih kekar.

Tampilannya semakin menarik dengan aplikasi setang tinggi yang juga custom. Kemudian meski bergaya klasik tapi perangkat pendukungnya tetap modern dengan lampu depan LED.

Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.Foto: dok. Insan Motor Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.

"Lampu depan Daymaker 5,75 inci, switch-switch variasi semua. Suspensi depan pakai aslinya cuma dipakaikan kondom. Setangnya custom, lampu belakang variasi, knalpotnya custom," kata Yus.

Baca juga: Modifikasi Motor Bebek Jadi Monkey Bobber


Gayanya boleh motor garuk tanah tapi tampilannya tetap resik. Yus mengatakan, mesinnya dibiarkan standar tapi sehat. Sebagai pemanis bagian luar mesin dipoles agar terlihat bersih.

Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.
Modifikasi Yamaha Scorpio bergaya trail jadul.
Bagian bodywork yaitu sepatbor depan belakang dan tangki dilabur warna biru muda. Tangkinya diberikan pemanis dengan grafis sederhana dan tulisan Raqil.

"Mesin standar cuma dipoles saja, biar kinclong. Biaya yang mau buat antara Rp 20 juta - Rp 25 juta," kata Yus yang juga terkenal piawai urusan modifikasi fiberglass.

Spesifikasi

Motor: Yamaha Scorpio
Pemilik: Ahud Budiman
Tangki: custom
Sepatbor: custom
Lampu depan: daymaker 5.75
Stoplamp: variasi
Setang: custom
Suspensi depan: original Scorpio
Ban: depan shinko SR241 3.00x21, belakang 3.50x18
Pelek: depan 1.80 x21, belakang 2.15x 18
Knalpot: custom
Jok: kulit sintetis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.