Potongan PPnBM dan Diskon Diler, Harga Innova Terpangkas Rp 37 Juta

Kompas.com - 05/04/2021, 13:41 WIB
Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian. Kompas.com / Setyo AdiToyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya resmi mengeluarkan diskon pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil berkapasitas 1.501 cc sampai 2.500 cc.

Diskon pajak diberikan dengan syarat local purchase paling sedikit 60 persen. Diskon diberikan untuk segemn kendaraan 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Salah satu mobil yang memiliki kriteria tersebut adalah Toyota Innova bisa mendapat diskon PPnBM mulai April ini.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon, Fortuner Bisa Lebih Murah Rp 45 Juta

Toyota memang belum mengumumkan harga baru Kijang Innova. Namun berdasarkan keterangan salah satu pramuniaga di Jakarta utara, harga Fortuner turun sekitar Rp 21 jutaan sampai Rp 32 jutaan dari harga lama.

“Misalnya untuk Innova 2.0 G MT harga Maret 2021 Rp 342,4 juta, sekarang turun Rp 21,3 juta menjadi Rp 321,1 juta,” ujar pramuniaga Toyota kepada Kompas.com (2/4/2021).

Komunitas Innova peduli banjir 2020 Komunitas Innova peduli banjir 2020

Selain mendapat diskon PPnBm, diler juga memberi tambahan potongan harga untuk Toyota Innova, sehingga harganya menjadi jauh lebih murah.

“Untuk Toyota Innova kita beri diskon Rp 5 juta. Potongan harga tersebut berlaku untuk semua tipe Innova yang dapat PPnBM,” katanya.

Potongan harga yang sama juga diberikan oleh diler Toyota di kawasan Jakarta Pusat.

“Innova ada tambahan diskon Rp 5 juta dari diller,” ucap pramuniaga tersebut saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Bukan Cuma Gas dan Rem, Begini Cara Aman Wanita Naik Motor Matik

Seperti contoh, Innova Venturer 2.4 A/T (diesel) Rp 500,5 juta. Kemudian mendapat potongan Rp 32 juta (diskon dan penurunan harga karena PPnBM 0 persen), harganya saat ini menjadi Rp 468,5 juta. Ditambah dengan diskon dilernya Rp 5 juta.

Jadi harga setelah PPnBm dan diskon diler harganya menjadi Rp 463,5 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X