Toyota Mau Boyong Program Elektrifikasi ke Lima Lokasi Wisata Lain

Kompas.com - 03/04/2021, 09:02 WIB
Toyota EV Smart Mobility Toyota Astra MotorToyota EV Smart Mobility

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota membuktikan komitmennya dalam mendukung program elektrifikasi kendaraan bermotor di dalam negeri dengan mengenalkan project EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali mulai Rabu (30/3/2021).

Direncanakan berlangsung selama satu tahun ke depan, program ini melibatkan 30 unit mobil ramah lingkungan di antaranya, 20 unit Toyota Coms (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius plug-in-hybrid (PHEV).

“Sebagai perusahaan mobilitas, kami harap EV Smart Mobility bisa jadi contoh dari solusi mobilitas untuk mendukung pemanfaatan teknologi elektrifikasi bagi masyarakat luas,” ungkap Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam konferensi virtual.

Baca juga: Diskon PPnBM Mobil 1.500 hingga 2.500 cc Resmi Berlaku, Ini Rinciannya

Toyota C+Pod dan ComsDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota C+Pod dan Coms

Secara rinci, nantinya Toyota Coms dan C+Pod dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di kawasan terkait sebagai kendaraan jarak dekat.

Sementara Prius PHEV dijadikan layanan airport transfer, dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sejenisnya dengan jarak yang lebih jauh.

Menurut Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, seluruh mobil Toyota dapat digunakan dengan radius 50 kilometer dan bertarif mulai dari Rp 50.000.

Menariknya, program ini diakui tidak akan berhenti di satu wilayah atau Bali saja. Pihak Toyota Indonesia telah menyasar lima kawasan wisata lain agar penciptaan ekosistem menjadi lebih luas.

Baca juga: Soal Pembatasan Usia Mobil Tua di DKI Jakarta, PPMKI Minta Solusi

Peresmian Toyota Coms dan C+Pod di Nusa Dua BaliDOK. TOYOTA INDONESIA Peresmian Toyota Coms dan C+Pod di Nusa Dua Bali

Adapun lokasi yang dipilih ialah Labuan Bajo NTT, Danau Toba Sumatera Utara, kawasan Borobudur DIY, dan Kupang NTT. Namun, Toyota dan pemerintah masih mendiskusikan lebih jauh.

"Kami rasa menggelar program ini ialah tepat. Kami mengharapkan bisa memberikan edukasi kepada setiap masyarakat dan pengunjung Bali atas kendaraan ramah lingkungan," kata Henry.

"Di satu sisi kami mendapatkan feedback dari para pengguna terkait mobil ramah lingkungan. Kami start dari Bali dan akan berkembang ke wilayah lain," lanjut dia.

Baca juga: Tata Cara Pindah Lajur yang Benar Saat Berkendara

Toyota Prius PHEVDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota Prius PHEV

Dalam kesempatan sama, dijelaskan pula bahwa di project EV Smart Mobility juga juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka tetap menggunakan energi ramah lingkungan

Program ini didukung 13 mitra usaha, antara lain PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, dan PT Denso Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X