Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Pentingnya Fungsi Visor Helm

Kompas.com - 02/04/2021, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHelm benda yang wajib dikenakan saat mengendarai motor. Fungsinya tentu untuk meredam benturan ketika pengendara motor mengalami kecelakaan.

Helm juga terdiri dari beberapa bagian, mulai dari batok, tali pengikat, busa, sampai visor. Namun ada juga beberapa jenis helm yang tidak memiliki visor, misalnya seperti helm-helm model retro.

Lalu apakah fungsi dari visor helm? Apakah aman jika tidak menggunakannya?

Baca juga: Sejarah PO Agra Mas, Senang Pakai Bus Bekas dari Jepang

Tangkapan layar video viral pengendara motor dan penumpangnya sama-sama tidak memakai helm serta masker.FACEBOOK Tangkapan layar video viral pengendara motor dan penumpangnya sama-sama tidak memakai helm serta masker.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, fungsi visor pada helm tidak kalah penting daripada bagian lainnya.

Setidaknya ketika memakai visor dan ditutup saat berkendara, muka pengendara motor terhindar dari hembusan angin.

Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Keeway GT270 Meluncur, Siap Saingi Yamaha Xmax dan Honda Forza

Selain menghindari benda-benda kecil mengenai muka, visor helm juga bisa mengurangi luka fatal ketika terlibat kecelakaan.

Misalnya ketika jatuh dari motor, dengan visor yang tertutup, muka jadi terhindar dari aspal.

“Biasanya pengendara akan lebih aware akan fungsi penting visor ketika pernah mengalami kecelakaan. Hal ini dikarenakan adanya efek jera atau trauma ketika berkendara,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com