Tata Cara Pindah Lajur yang Benar Saat Berkendara

Kompas.com - 02/04/2021, 12:41 WIB
tangkapan layar video pengendara motor pindah lajur mendadak Akun Instagram @dashcam_owners_indonesiatangkapan layar video pengendara motor pindah lajur mendadak

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada etika yang harus dipatuhi dalam berkendara. Tata cara tersebut jadi kesepakatan bersama agar keamanan dalam berkendara selalu terjaga.

Salah satu etika dalam berkendara adalah wajib untuk memberikan tanda jika akan berpindah lajur. Menyalakan lampu sein merupakan tanda yang tepat bagi para pengendara yang akan pindah lajur agar pengguna jalan lain di belakangnya paham dan tidak terkejut.

Namun, telah beredar cuplikan video yang terekam oleh kamera dashcam menunjukkan pengendara sepeda motor mendadak pindah lajur ke sebelah kanan tanpa menyalakan lampu sein terlebih dahulu.

Alhasil pengendara mobil yang merekam kejadian ini terkejut dan hampir menabrak pengendara motor tersebut.

Baca juga: 4 Pebalap Muda Indonesia, Optimistis Raih Hasil Bagus di Qatar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Cuplikan video tersebut diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia belum lama ini.

Menurut Soni Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), yang harus dilakukan pertama kali sebelum berpindah lajur adalah melihat situasi di belakang melalui spion. Jika kendaraan di belakang terlihat jelas di spion itu pertanda jaraknya dekat.

Apabila jarak kendaraan di belakang cukup jauh, nyalakan lampu sein kanan untuk memberikan kode bahwa akan berpindah lajur.

Baca juga: Bocoran Hyundai Santa Cruz, Rilis 15 April

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

"Jangan nyalakan (lampu) sein baru lihat spion, itu yang salah," kata Soni saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan membiasakan diri untuk melihat spion terlebih dahulu sebelum menyalakan lampu sein, akan tercipta kesadaran bagi pengendara untuk peka terhadap situasi sekitarnya sebelum bertindak.

Sikap peka terhadap situasi sekitar saat berkendara otomatis akan dapat meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.