HR-V Baru Dapat Insentif Pajak, Harga Bekas di Solo Raya Bertahan

Kompas.com - 03/04/2021, 08:42 WIB
Honda HR-V. ISTIMEWAHonda HR-V.

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, terdapat 29 tipe kendaraan dengan kapasitas mesin kendaraan 1.500 cc hingga 2.500 cc yang menerima relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) per 1 April 2021.

Ini selaras dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PKM.010/2021 tentang peluasan diskon PPnBM untuk mobil baru yang berlaku mulai 1 April 2021.

Persyaratan mengenai pembelian komponen lokal (local purchase) pun diubah. Kementerian Perindustrian menetapkan syarat local purchase kini paling sedikit sebanyak 60 persen.

Baca juga: Bahaya Menyalip Secara Bersamaan

PT Honda Prospect Motor (HPM) jadi salah satu agen pemegang merek yang menikmati daftar penerima relaksasi PPnBM dengan 8 tipe mobil. Dua di antaranya adalah HR-V 1.5L dan HR-V 1.8L.

Honda HR-V 1.5L E Special Edition Honda HR-V 1.5L E Special Edition

Saat ini di Honda Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku belum mengeluarkan daftar harga terbaru untuk kedua tipe Honda HR-V, setelah mendapatkan insentif PPnBM. Oleh karena itu, kondisi harga di bursa mobil bekas untuk Honda HR-V wilayah Solo Raya masih belum ada perubahan.

Pengusaha jual beli mobil bekas Garasi Mobil Widoro, Bram Whida Prastiawan mengatakan, saat ini belum ada tanda-tanda perubahan harga Honda HR-V bekas di Solo dan sekitarnya.

Baca juga: Tata Cara Pindah Lajur yang Benar Saat Berkendara

"Sementara ini (kisaran harga) masih sama," kata Bram saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Bram juga belum bisa memastikan saat mendekati momen lebaran nanti apakah akan ada perubahan harga untuk Honda HR-V bekas.

Honda HR-V 1.5LStanly/Otomania Honda HR-V 1.5L

Selalu menjadi catatan, perbedaan harga antar showroom dan bursa mobil bekas bisa disebabkan oleh kondisi mobil, jarak tempuh, varian warna, serta kelengkapan surat-surat.

Dilansir dari beberapa diler mobil bekas dan situs jual beli online,, berikut perkiraan kisaran harga Honda HR-V bekas di wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca juga: Anti-Lupa, Ini Kode Wilayah Pelat Nomor Kendaraan

  • HR-V 1.8 Prestige CVT tahun 2017 harga Rp 280 juta
  • HR-V 1.8 Prestige CVT tahun 2015 harga Rp 245 juta
  • HR-V 1.8 Prestige CVT tahun 2016 harga Rp 230 juta
  • HR-V 1.5E CVT tahun 2019 harga Rp 289 juta
  • HR-V 1.5E CVT tahun 2015 harga Rp 220 juta
  • HR-V 1.5S CVT tahun 2016 harga Rp 215 juta

*Harga bisa berubah tergantung kondisi mobil



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X