Urai Kepadatan, Jokowi Resmikan Jalan Tol Cengkareng-Kunciran dan Pamulang-Serpong

Kompas.com - 01/04/2021, 13:52 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan,pada Kamis (1/4/2021). IstimewaPresiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan,pada Kamis (1/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, sudah bisa dilintasi usai diresmi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (1/4/2021).

Kedua akses baru ini menjadi jalan alternatif bagi sejumlah masyarakat dari Tangerang, Tangerang Selatan, Jawa Barat, dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta

"Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang yang mencapai panjang 10,1 km dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 km telah selesai dan dapat digunakan," kata Jokowi dalam sambutannya pada peresmian kedua jalan tol tersebut," ucap Jokowi dalam seremoni peresmian, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Viral Video Truk Nekat Putar Balik di Jalan Tol, Catat Sanksinya

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, kedua jalan tol baru ini merupakan bagian dari Tol JORR 2 untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek serta melengkapi ruas Tol JORR 2 pada sisi Barat.

Progres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persenDok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Progres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persen

Tak hanya itu, hadirnya tol baru ini juga dapat memberikan efek kelancaran mobilitas dengan mengurai kepadatan lalu lintas yang sering terjadi selama ini di area DKI Jakarta dan kota-kota lain disekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Serta juga melancarkan distribusi barang yang melalui jalan tol ini akan menghemat waktu tempuh dan tentu saja bisa menurunkan biaya operasional logistik," ucap Jokowi.

"Jalan tol tak hanya menghubungkan antar daerah dan wilayah, tapi meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan ekonomi kawasan sekitarnya juga mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi yang baru," kata dia.

Baca juga: Makin Marak Pengendara Motor yang Nekat Masuk Jalan Tol

Sebagian ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran stap beroperasi fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Benda.Jasa Marga Sebagian ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran stap beroperasi fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Benda.

Seremoni peresemian dilakukan Jokowi dengan melakukan tapping kartu uang elektronik pada replikasi Gerbang Tol Otomatis (GTO). Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri terbagi dalam empat seksi, mulai dari Kunciran-Tirtayasa sepanjang 2,04 km yang jadi Seksi I, 3,52 km untuk Tirtayasa-Benteng Betawi dalam Seksi II, Banteng Betawi-H Sastranegera Seksi III dengan panjang 6,57 km, serta 2.06 km dari H Sastranegara - SS Benda yang masuk dalam Seksi IV.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X