Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Sementara Akses Keluar Tol Cileunyi

Kompas.com - 30/03/2021, 18:48 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Adanya pembangunan Interchange (IC) Cileunyi yang akan mengintegrasikan Ruas Jalan Tol Padaleunyi dan Ruas Jalan Tol Cisumdawu, sedikit banyak mempengaruhi kelancaran arus kendaraan.

Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Ruas Jalan Tol Padaleunyi akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) sementara akses keluar tol Cileunyi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga pelayanan kepada pengguna jalan tol, serta memastikan terpenuhinya kapasitas transaksi di GT Cileunyi.

Baca juga: Resmi Meluncur, Wuling Almaz RS Bertabur Fitur Canggih

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

Pengoperasian GT sementara akses keluar tol Cileunyi ini akan mulai diberlakukan pada 31 Maret 2021 pukul 00.00 WIB.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto, mengatakan, GT sementara ini dioperasikan untuk tetap memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang layanan transaksi.

“Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit sehingga harus dilakukan pembongkaran,” ujar Thomas, dalam keterangan tertulis (30/3/2021).

Baca juga: Daerah Ini Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Bulan Depan

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).Dokumentasi Kementerian PUPR Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

“Dan sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu,” kata dia.

Meski hanya bersifat sementara, Thomas menambahkan, pihaknya tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol dengan memastikan berfungsinya peralatan tol secara maksimal dan kelengkapan rambu-rambu pendukung.

GT sementara tersebut nantinya akan mengoperasikan total 3 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, 3 GTO Multi dan 6 Gardu Oblique Approach Booth (OAB).

Baca juga: Blokir STNK Bisa Secara Online, Begini Caranya

Jalan Tol PadaleunyiJasa Marga Jalan Tol Padaleunyi

Namun demikian, saat ini masih memaksimalkan 3 GTO Single dan 3 GTO Multi, ditambah 2 GTO Single arah keluar pada GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan adalah 8 unit.

Gerbang tol akses keluar Tol Cileunyi akan berlangsung sampai 6 OAB pada GT sementara selesai dibangun.

Jasa Marga pun mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan memastikan kecukupan saldo uang elektronik saat melakukan transaksi di gerbang tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com