Apakah Tambal Ban Tubeless Pinggir Jalan Bisa Bikin Ban Benjol

Kompas.com - 30/03/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusuk GridOto.comIlustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusuk

JAKARTA, KOMPAS.comBan tubeless memang sudah sering digunakan oleh motor, bahkan ada yang sudah bawaan pabrik. Kemudian model ban ini juga lebih praktis, karena saat tertusuk benda tajam, ban tidak langsung kempis.

Namun sebelum kehabisan tekanan udara, sebaiknya ban langsung ditambal di bengkel tambal ban. Biasanya untuk ban tubeless menggunakan model tambal string dengan cara menusuk ban dengan lem, lalu ditarik sehingga lubang tertutup.

Namun untuk tambal ban model ini, apakah aman untuk dilakukan pada ban motor?

Baca juga: Dijual Rp 339 Jutaan, Mazda Luncurkan CX-3 1.500 cc

Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.Dok. Hendri Febry Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, selama hasil tambalannya sempurna dan tidak ada kebocoran, maka tidak masalah untuk dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau sistem tusuk tambalnya baik, bahan material juga baik, hasil tambalan tidak ada kebocoran, ya enggak masalah,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Untuk mendapatkan hasil tambal yang baik, luka atau lubang bekas tusukan tadi sebaiknya dibersihkan dahulu agar tidak ada kerikil. Namun perlu diperhatikan, model tambal ban ini hanya cocok untuk bagian telapak saja.

Baca juga: Bus Sultan Class Hasil Rombak Bengkel Lokal Asal Malang

“Kalau untuk samping ban, malah bisa jadi masalah. Bagian samping ban benangnya sedikit, kalau telapak masih ada casing atau carcass,” kata Zulpata.

Selain tambal model tusuk ini, sebenarnya ada yang lebih bagus, modelnya seperti menggunakan payung atau biasa dikenal dengan patch. Tambalan model ini hasilnya lebih sempurna karena memakai bahan yang lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.