Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tambal Ban Tubeless Pinggir Jalan Bisa Bikin Ban Benjol

Kompas.com - 30/03/2021, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBan tubeless memang sudah sering digunakan oleh motor, bahkan ada yang sudah bawaan pabrik. Kemudian model ban ini juga lebih praktis, karena saat tertusuk benda tajam, ban tidak langsung kempis.

Namun sebelum kehabisan tekanan udara, sebaiknya ban langsung ditambal di bengkel tambal ban. Biasanya untuk ban tubeless menggunakan model tambal string dengan cara menusuk ban dengan lem, lalu ditarik sehingga lubang tertutup.

Namun untuk tambal ban model ini, apakah aman untuk dilakukan pada ban motor?

Baca juga: Dijual Rp 339 Jutaan, Mazda Luncurkan CX-3 1.500 cc

Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.Dok. Hendri Febry Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, selama hasil tambalannya sempurna dan tidak ada kebocoran, maka tidak masalah untuk dilakukan.

“Kalau sistem tusuk tambalnya baik, bahan material juga baik, hasil tambalan tidak ada kebocoran, ya enggak masalah,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Untuk mendapatkan hasil tambal yang baik, luka atau lubang bekas tusukan tadi sebaiknya dibersihkan dahulu agar tidak ada kerikil. Namun perlu diperhatikan, model tambal ban ini hanya cocok untuk bagian telapak saja.

Baca juga: Bus Sultan Class Hasil Rombak Bengkel Lokal Asal Malang

“Kalau untuk samping ban, malah bisa jadi masalah. Bagian samping ban benangnya sedikit, kalau telapak masih ada casing atau carcass,” kata Zulpata.

Selain tambal model tusuk ini, sebenarnya ada yang lebih bagus, modelnya seperti menggunakan payung atau biasa dikenal dengan patch. Tambalan model ini hasilnya lebih sempurna karena memakai bahan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com