Warna Mobil yang Kerap Terlihat Belang antara Bumper dan Bodi

Kompas.com - 30/03/2021, 10:42 WIB
Cat belang bumper dan bodi twitter/@kevin_kalist1999Cat belang bumper dan bodi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika membeli mobil, warna merupakan salah satu faktor penting yang dipertimbangkan tiap kosumen. Ada pepatah mengatakan, warna yang dipilih menggambarkan karakteristik si pemilik mobil.

Bicara pemilihan kelir mobil, ternyata jika diperhatikan secara detail, ada pilihan warna mobil yang terlihat belang. Biasanya antara bagian bumper dan bodi lain atau fender.

Lalu, mengapa bisa ada perbedaan warna tadi?

Kepala Bengkel Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, seharusnya warna yang ada di bumper ataupun bodi itu sama. Namun, memang benar ada beberapa warna yang cenderung terlihat berbeda ketika memperhatikan antara bumper dan bodi mobil.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Marka Garis Zig-zag Kuning di Tepi Jalan

Suzuki ErtigaKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga

Warna yang agak memiliki kecenderungan berbeda (belang) adalah silver, pearl, atau metalik. Warna-warna ini menghasilkan sudut pantulan warna atau cahaya yang berbeda,” ucap Yuly kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, ada faktor lain yang membuat warna yang ada di bumper dengan bodi menjadi berbeda. Faktor tersebut adalah bahan aplikasinya, bumper biasanya terbuat dari plastik, sedangkan bodi dari pelat besi.

Baca juga: Dapat Insentif PPnBM, Pilih Toyota Fortuner Baru atau Bekas?

“Kemudian bodi bentuknya datar, sedangkan bumper complex atau melengkung, sehingga menimbulkan perbedaan pantulan cahaya yang diterima,” kata Yuly.

Terakhir, karena perbedaan bentuk antara bumper dan bodi, bisa terjadi perbedaan saat aplikasi pengecatan. Bentuk bumper yang complex membuat sudut pengecatan tidak bisa 90 derajat terhadap panel yang dicat, berbeda dari bodi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X