Marquez Masih Absen di MotoGP 2021, Ini Reaksi Pebalap Lain

Kompas.com - 26/03/2021, 17:21 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez kembali absen di MotoGP 2021, tidak hanya satu seri, tapi dua seri. Kondisinya dinilai masih belum memungkinkan untuk balapan.

Bersama tim medisnya dari Rumah Sakit Internasional Ruber, Marquez mengambil langkah paling bijaksana, yaitu tidak mengikuti balapan di Sirkuit Losail, Qatar.

Baca juga: Dokter Pinta Marc Marquez Lebih Berhati-hati di MotoGP 2021

“Setelah peninjauan terakhir dengan tim medis, para dokter telah memberi tahu saya bahwa hal yang paling bijaksana adalah tidak ikut serta dalam Grand Prix Qatar dan melanjutkan rencana pemulihan yang telah kami ikuti dalam beberapa pekan terakhir," kata Marquez, dalam keterangan resmi HRC, dikutip Senin (22/3/2021).

Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.INSTAGRAM.com/marcmarquez93 Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.

Tim medis yang dipimpin oleh Dokter Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña, menyebut kondisi tulang humerus kanan Marc terus membaik usai operasi 15 pekan lalu.

Namun, proses penyembuhan tulang dinilai belum sempurna. Sehingga, Marquez harus kembali absen agar tidak memperburuk atau memperlambat proses penyembuhan tulang humerusnya.

"Saya ingin sekali dapat berpartisipasi dalam balapan pembuka MotoGP, tetapi kami harus terus bekerja untuk dapat memulihkan kondisi optimal yang memungkinkan kami kembali ke kompetisi," katanya.

Baca juga: Pebalap Tes Honda Lega Marc Marquez Absen di Qatar

Rekan setimnya yang baru, Pol Espargaro, juga menantikan kehadiran Marquez di trek. Menurutnya, kehadiran Marquez sangat penting untuk dirinya sendiri dan untuk peningkatan motor Honda.

"Akan menjadi berita besar ketika dia akan kembali dan saya rasa dia akan berada di level atas dengan cepat dan segera berada di podium," ujar Pol, dikutip dari Crash.net, Jumat (26/3/2021).

Rivalnya di Ducati, Jack Miller, juga menilai keputusan Marquez cukup bijak. Menurutnya, tak ada yang tahu kondisi Marquez selain dirinya sendiri.

Marc Marquez mulai latihan memakai motorFoto: Tangkapan layar akun instagram Marc Marquez Marc Marquez mulai latihan memakai motor

"Ada perbedaan besar mengendarai motor jalanan dibandingkan datang ke sini dan mendorong sampai batas setiap lap dengan 22 orang lainnya di sekitar Anda," ujar Miller.

Menurutnya, Marquez akan kembali lebih kuat dan untuk kapannya, tergantung sepenuhnya pada Marquez. Semua pebalap pun menanti kembalinya pebalap dengan nomor start 93 tersebut.

"Tentunya ada beberapa poin berharga yang hilang, tapi saya yakin dia tidak memikirkan tentang itu dan hanya memikirkan untuk kembali lagi ke atas motor," kata Miller.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X