Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Jazz, Honda Siapkan City Hatchback Berlaga di Lintasan Balap

Kompas.com - 26/03/2021, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan formasi pebalap baru, PT Honda Prospect Motor (HPM) siap kembali meramaikan ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021.

Sayangnya, meski Jazz sudah tak lagi diproduksi, tapi Honda belum menjadikan City Hatchback sebagai penggantinya di lintasan balap.

Dengan demikian, para pebalap Honda Racing Indonesia (HRI), tetap akan berlaga menggunakan duet Jazz dan Brio.

Namun demikian, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, sedang mempertimbangkan City Hatchback sebagai pengganti Jazz di lintasan balap.

Pebalap senior Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, saat tampil pada ajang Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2019 di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).Dok. ISSOM Pebalap senior Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, saat tampil pada ajang Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2019 di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

"Dengan diluncurkannya City Hatchback kami mempertimbangkan kapan bisa dipakai (untuk balap). Jadi sedang dipelajari saat ini, apakah dipakai untuk musim tahun depan atau bagaimana, kita pertimbangkan dengan tim balap," kata Billy dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Berlaku April, Honda Tunggu Kepastian CR-V dan HR-V soal Diskon PPnBM

Billy mengatakan sangat mempertimbangkan keluarga baru di jajaran Honda tersebut, bisa turun berlaga di lintasan balap bersama pebalap HRI. Namun demikian, secara kondisi memang masih ada beberapa kendala.

Paling utama soal unitnya sendiri, karena sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, proses pengiriman kepada konsumen yang sudah melakukan pemesanan, baru siap dilakukan April mendatang.

Honda Racing Indonesia 2021HPM Honda Racing Indonesia 2021

"Awal bulan depan kita baru distribusikan City Hatchback ke konsumen. Untuk apakah tahun depan masih bisa pakai Jazz atau tidak, kami belum bisa bicara, akan diskusikan dulu dengan tim balapnya," ucap Billy.

Seperti diketahui, Honda membawa City Hatchback ke Indonesia dengan kubikasi mesin yang sama dengan Jazz. Bedanya, pengganti Jazz ini sudah mengusung Double Over Head Camshaft atau DOHC yang diklaim lebih bertenaga.

Dalam peluncurannya beberapa waktu lalu, Satoru Azumi, Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co., Ltd., Monozukuri Center, Automobile Businees Division mengatakan, mesin pada City Hatchback merupakan pengembangan baru.

Baca juga: Formasi Baru Honda Racing Indonesia, dari Pebalap Wanita sampai Slalom

"Secara torsi, tenaga, dan efisiensi bahan bakar, City Hatchback lebih baik dibandingkan 1.500 cc SOHC pada Honda Jazz," kata Azumi.

Aksi pebalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, pada balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019.Dok. Honda Racing Indonesia Aksi pebalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, pada balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019.

Perbedaannya memang tidak terlalu signifikan, di atas kertas City Hatchback unggul 1 cc lebih besar dari Jazz. Begitu juga dengan tenaga yang hanya selisih 1 Ps, tapi untuk torsi sama-sama 145 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com