Dokter Pinta Marc Marquez Lebih Berhati-hati di MotoGP 2021

Kompas.com - 26/03/2021, 08:42 WIB
Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP. INSTAGRAM.com/marcmarquez93Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.

LOSAIL, KOMPAS.com - Honda resmi menyatakan bahwa Marc Marquez akan absen dalam seri perdana MotoGP 2021 karena belum mendapatkan izin dari tim dokter yang melakukan perawatan karena mempertimbangkan berbagai aspek.

Satu diantaranya ialah mengenai proses pemulihan intensif Marc yang sedang berjalan optimal supaya cedera di bagian bahu cepat kembali sedia kala.

Sebab, jika pebalap andalan Repsol Honda tersebut melakukan hal-hal gegabah di atas sirkuit, bisa jadi masalah serupa terulang lagi. Bahkan salah satu dokter sampai meminta Marc untuk lebih berhati-hati ketika balapan.

Baca juga: Resmi, Marc Marquez Absen pada Seri Pembuka MotoGP Qatar

Marc Marquez Foto: Honda Marc Marquez

"Saya tidak tahu gambar radiographic-nya Marc. Tetapi ini adalah momen di mana keberanian harus digantikan oleh kehati-hatian agar cedera tidak kembali terjadi di waktu yang sangat dekat," ujar Dokter Claudio Costa dikutip GPOne, Kamis (25/3/2021).

"Kini tim medis sedang menunggu tulang Marc pulih agar ia bisa dengan mantap kembali ke lintasan. Karena, kalau patahan tidak tersambung maka sekrup dapat patah dan itu bukan hal yang menyenangkan," kata mantan dokter MotoGP ini.

Meski demikian, Costa memprediksi bahwa gaya berkendara Marc nanti tidak akan jauh berbeda dari biasanya walau ada sedikit kehati-hatian. Sebab, jiwa agresif sangat menempel dengannya.

Baca juga: Pebalap Tes Honda Lega Marc Marquez Absen di Qatar

Marc Marquez Foto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

"Mengenai perkiraan ia kembali ke lintasan balap dalam kondisi pulih benar, saya rasa butuh waktu lebih lama. Mempersatukan tulang itu memakan waktu sekitar enam bulan dan ini baru empat bulan," lanjutnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa berdasarkan tinjauan pada pebalap Spanyol olehtim medis yang dipimpin Dokter Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña, proses pemulihan cedera Marc memerlukan waktu sedikit lebih lama.

Pasalnya, dalam 15 minggu setelah operasi untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan, respon klinis yang baik telah ditemukan setelah intensifikasi pelatihan Marc.

Baca juga: MotoGP Siap Digelar Tanpa Dovizioso, Ini Daftar Pebalap 2021

Namun, mengingat periode waktu dan kondisi saat ini dari proses konsolidasi tulang, dokter menganggapinya bijaksana dan perlu untuk tidak mempercepat kembalinya Marquez ke trek setelah waktu yang cukup lama.

Selain itu, untuk menghindari humerus pada risiko dalam kompetisi yang ketat. Marquez akan kembali melakukan pemeriksaan medis pada Senin, 12 April.

Baca tentang


Sumber GPone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X