Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi Baru Honda Racing Indonesia, dari Pebalap Wanita sampai Slalom

Kompas.com - 25/03/2021, 17:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan beberapa nama baru di keluarga tim balap Honda Racing Indonesia (HRI). Para pebalap tersebut, bakal berpartisipasi di berbagai ajang kejuaraan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021.

Avila Bahar menjadi salah satu nama baru yang bergabung di HRI musim ini. Pebalap muda ini disiapkan turun dalam ajang Indonesian Touring Car Championship 1.500 cc menggunakan Honda Jazz.

Sebelumnya, Avila juga sudah memiliki beberapa prestasi, diantaranya adalah juara pertama dari Honda Jazz Speed Challenge Promotion Class 2018 dan ITCR 1.600 cc di Rising Class tahun 2019.

Baca juga: [VIDEO] Pengalaman Mengendarai Mobil Listrik Hyundai di Sirkuit Balap

Tak hanya Avila, Canya Prasetyo juga menjadi anggota baru di jajaran HRI. Pebalap wanita berusia 21 tahun ini bakal meramaikan ajang Indonesia Touring Car Racing (ITCR) kelas 1.200 cc, dan slalom.

Honda Racing Indonesia 2021 Canya PrasetyoHPM Honda Racing Indonesia 2021 Canya Prasetyo

Secara prestasi, Canya juga sudah mengantongi prestasi di ajang balap slalom dan rally, seperti mendapatkan podium pertama pada Kejurnas Sprint Rally Banten putaran 5 tahun 2018, juara ke-3 BSNC Jakarta, juara ke-5 Autogymkhana 2019, dan Podium 3 pada Kejuaraan Nasional Slalom U-23 2019.

Tahun ini HRI juga akan meramikan ajang slalom yang diperkuat oleh Anandyo Dwiki. Pebalap 21 tahun yang pernah meraih juara di kejurnas kelas Rookie, Seeded B, juara di slalom kelas A, dan juara ke-7 kejurnas 2019, akan berkolaborasi bersama Canya.

Sementara itu, Alvin Bahar, juga akan tetap menggawangi HRI. Pebalap senior yang juga merupakan Honda Racing Indonesia Director, akan tetap berpartisipasi di ajang yang sama.

Baca juga: Jalankan Prokes Lengkap, Sentul Gelar Drag Race dengan Jumlah Peserta Fantastis

Honda Racing Indonesia 2021 Alvin BaharHPM Honda Racing Indonesia 2021 Alvin Bahar

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, tim balap HRI kali ini didominasi oleh para pebalap muda yang memiliki potensi dengan ragam prestasi sebelumnya.

"Kami sangat antusias dengan komposisi pembalap senior berpengalaman dan pembalap muda berpotensi besar di HRI. Kami percaya para pembalap baru ini dapat memberikan performa terbaik di musim ini sekaligus meneruskan prestasi HRI di masa mendatang," ujar Billy dalam konferensi virtual, Kamis (25/3/2021).

Billy menjelaskan, dengan keberagaman tim yang dimiliki juga senada dengan misi Honda, yakni “Everyone Can Race”, di mana semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi di lintasan balap bersama Honda.

Baca juga: Begini Rasanya Geber Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

Sementara itu, Alvin mengatakan HRI tetep fokus melakukan persiapan untuk laga musim ini meski sepanjang 2020 tidak ada aktivitas di lintasan balap.

Honda Racing Indonesia 2021 Anandyo DwikiHPM Honda Racing Indonesia 2021 Anandyo Dwiki

"Selama 2020 lalu, para pembalap tetap semangat untuk mengasah bakat dengan aman dan nyaman hingga saat ini telah siap untuk turun balapan langsung memberikan performa terbaik," kata Alvin.

Didukung dua sponsor baru, yakni Wincos dan ENEOS, Honda juga akan meramaikan Jazz Speed Challenge yang menjadi agenda ISSOM, serta Brio Speed Challange (HBSC) yang akan diadakan sebanyak 7 putaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com