Kenali Potensi Bahaya Bergerak Saat Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 25/03/2021, 17:01 WIB
Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor Dok. DAMIlustrasi touring menggunakan sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor dilakukan banyak orang dan sudah menjadi alat transportasi rutin untuk kegiatan aktivitas sehari-hari. Selain itu, juga sebagai penyalur hobi yang menyenangkan bagi para pecinta roda dua.

Selain mudah digunakan dan irit bahan bakar motor juga dapat mempersingkat waktu karena akan cepat sampai tujuan. Maka itu, banyak yang mengandalkan motor untuk mobilisasi, khususnya di kota-kota besar.

Baca juga: Pahami Etika Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, berkendara sepeda motor di jalan raya pasti akan secara langsung berinteraksi dengan beragam faktor lingkungan seperti pengguna jalan lain, jalanan rusak, berpasir, hujan lebat, dan lainnya.

Ilustrasi touring menggunakan sepeda motorDok. DAM Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor

"Begitu besar resiko pengendara sepeda motor terlibat dalam berbagai kondisi yang berbahaya bagi dirinya dan pengguna jalan lainnya," ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, pengendara wajib untuk mengenali danger prediction saat berkendara sepeda motor. Sehingga, dapat berusaha lebih untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi-potensi bahaya.

Baca juga: Obat Ganteng Yamaha WR 155 R, Touring dan Terabas Jadi Makin Asyik

Dengan begitu, akan menjadi sebuah peringatan yang selalu tertanam di benak pengendara agar selalu melakukan tindakan preventif untuk menghindari kecelakaan di jalan raya.

Kecelakaan di jalan raya dapat terjadi karena faktor manusia, pejalan kaki, pengendara lain, hewan, dan lainnya. Untuk itu, penting untuk mengetahui potensi bahaya dari apa pun yang bergerak di jalan raya sebagai berikut:

Potensi Bahaya dari Faktor Manusia

Ada beberapa potensi bahaya dari faktor manusia mulai dari kurang memahami teknik dasar berkendara yang aman.

Dalam hal etika, sesama pengendara harus saling menghargai dan wajib mengetahui peraturan-peraturan lalu lintas di jalan raya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X