Pahami Etika Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Kompas.com - 12/03/2021, 19:47 WIB
Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor Dok. DAMIlustrasi touring menggunakan sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan adanya libur akhir pekan yang panjang alias long weekend, tak sedikit pencinta roda dua yang melakukan perjalanan jarak jauh atau touring.

Sebagian pengendara ada yang memilih untuk melakukan touring seorang diri, sebagian lagi ada yang melakukannya secara berkelompok.

Baca juga: Tips Touring Pakai Sepeda Motor di Tengah Pandemi ala Komunitas

Perlu diingat, saat touring menggunakan sepeda motor, hak dan kewajiban ketika menggunakan jalan umum perlu diperhatikan.

Tidak ada alasan untuk mengedepankan ego pribadi, arogansi, dan merugikan pengguna jalan lain.

Ilustrasi touring menggunakan sepeda motorDok. DAM Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, melakukan perjalanan jarak jauh secara berkelompok wajib memperhatikan etika dalam berkendara agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara lain.

"Pertama, wajib memerhatikan penggunaan lampu hazard kapan harus digunakan ketika berkendara secara berkelompok," ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Pahami Safety Riding Sebelum Touring

Sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 dan Norma Safety, lampu hazard hanya digunakan dalam situasi darurat dan kondisi berbahaya.

Tips touring di tengah pandemiDok. YIMM Tips touring di tengah pandemi

“Tidak diperbolehkan digunakan pada kesempatan lain, seperti konvoi atau bergerak lurus di perempatan jalan,” kata Ludhy.

Ludhy mengatakan, poin kedua yaitu jangan sampai mengganggu pengguna jalan lain dan berkendaralah dengan sopan dan sesuai aturan.

Baca juga: Touring Motor di Akhir Tahun, Jangan Lupakan Hal Ini

Bahkan, untuk touring dengan tidak didampingi pihak yang memiliki kewenangan diskresi, para bikers tidak diperbolehkan menghalangi kendaraan lain agar bisa lewat.

Tips touring di tengah pandemiDok. YIMM Tips touring di tengah pandemi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X