Ini 4 Lokasi Kamera CCTV ETLE di Pekanbaru

Kompas.com - 24/03/2021, 14:11 WIB
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Gubernur Riau Syamsuar saat mengikuti peluncuran tilang elektronik secara virtual di RSDC Rumbai di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (23/3/2021). KOMPAS.COM/IDONKapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Gubernur Riau Syamsuar saat mengikuti peluncuran tilang elektronik secara virtual di RSDC Rumbai di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (23/3/2021).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Polda Riau jadi salah satu dari 12 Polda yang melaksanakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik berskala nasional.

Kerja ETLE sendiri yaitu merekam kejadian pelanggaran lalu lintas. Berdasarkan rekaman tersebut, petugas akan mengidentifikasi dan memverifikasi data pelanggar beserta kendaraan yang digunakan.

Selanjutnya, petugas akan mengirimkan surat pemberitahuan ke alamat pelanggar berdasarkan data pada STNK.

Surat pemberitahuan dilengkapi dengan bukti pelanggaran yang ditangkap kamera ETLE sehingga pelanggar tidak dapat mengelak.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa ETLE berguna dalam mengurangi interaksi antara petugas dengan pelanggar.

Baca juga: Jadi Pengemudi Truk, Terampil Saja Tidak Cukup

ETLE NasionalYoutube NTMC Polri ETLE Nasional

"Karena kita tahu apabila pelanggar di-stop di jalanan, itu akan mengganggu kenyaman pengendara yang lainnya. Dengan ETLE ini bisa diharapkan lebih baik," kata Kapolda dilansir dari Tribrata News pada Rabu (23/3/2021).

Kapolda pun berencana untuk segera memperluas pelaksanaan ETLE tidak terbatas hanya di Pekanbaru. Beliau menjelaskan bahwa timnya sedang menyusun rencana penambahan kamera CCTV ETLE di daerah lain di Riau.

"Nanti kita kembangkan lagi ETLE, jadi tidak hanya di Pekanbaru saja, tapi akan ada juga di kota dan kabupaten lainnya," kata Kapolda lebih lanjut.

Di Pekanbaru sendiri telah terpasang empat kamera di empat titik yang berbeda. Ke empat titik tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga: Mayoritas Penyebab Rem Blong Bus dan Truk di Indonesia

Lampu merah Tugu Zapin

Lampu merah Jalan Imam Munandar depan Alpha Hotel

Lampu merah SKA dan Living World

Lampu merah Tabek Gadang



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X