Polda Katim Siapkan 6 Titik Pemasangan Kamera ETLE

Kompas.com - 24/03/2021, 13:11 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) skala nasional tahap pertama telah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa (23/3/2021).

Pada tahap pertama, ETLE nasional diterapkan di 12 Polda, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Lampung, Polda Sulawesi Selatan, Polda Sumatera Utara, dan Polda Sumatera Barat.

Menanggapi hal tersebut, Dirlantas Polda Kalimantan Timur tengah bersiap untuk ETLE tahap kedua. Rencananya, Polda Kalimantan Timur akan memberlakukan ETLE pada 28 April 2021 mendatang.

Lebih detil, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si. menjelaskan bahwa di wilayah hukum Polresta Balikpapan akan dipersiapkan 6 titik lokasi CCTV ETLE.

Baca juga: Dompet Tipis, Ban Motor Mana yang Duluan Diganti Saat Aus Keduanya

ETLE NasionalYoutube NTMC Polri ETLE Nasional

Keenam titik tersebut yaitu tiga titik di Simpang Beruang Madu, dua titik di Simpang Plaza Balikpapan, dan satu titik di Lapangan Merdeka.

"Ini (ETLE) bisa membuat masyarakat disiplin, taat, dan patuh terhadap aturan lalu lintas," kata Kapolda dilansir dari Tribrata News pada Rabu (24/3/2021).

Kapolda berharap dengan adanya ETLE di Kalimantan Timur akan terwujud penegakan hukum lalu lintas yang lebih efektif dan transparan.

Selain itu, ETLE diharapkan mampu meningkatan PAD Kalimantan Timur serta sektor pajak kendaraan bermotor.

"ETLE memberi dampak tertib administrasi kepemilikan kendaraan bermotor, meningkatkan budaya tertib masyarakat dalam berlalu lintas yang merupakan deterrence effect atau efek gentar," kata Kapolda lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.