Adopsi Sistem Aerodinamis, Rossi Sebut MotoGP Sekarang Seperti F1

Kompas.com - 20/03/2021, 12:41 WIB
Perangkat aerodinamika baru pada fairing Ducati Desmosedici GP21 Dok. @michelepirro51Perangkat aerodinamika baru pada fairing Ducati Desmosedici GP21

JAKARTA, KOMPAS.com - Di sesi tes pra-musim, Ducati mencuri perhatian dengan fairing aerodinamis terbarunya. Pengembangan di sektor aerodinamika ini sangat canggih, seperti pada Formula 1 (F1).

Banyak spekulasi mengenai fungsi tambahan air scoop pada fairing yang digunakan Ducati. Sayangnya, Ducati dan pebalapnya pun belum angkat bicara mengenai fairing tersebut.

Baca juga: Melirik Perangkat Aerodinamika Baru pada Ducati Desmosedici GP21

Selain fungsinya yang membuat banyak orang penasaran, tampilannya pun juga semakin menarik. Motor balap MotoGP tak hanya mengutamakan fungsi, tapi juga estetika.

Perangkat aerodinamika baru pada fairing Ducati Desmosedici GP21Dok. @jackmilleraus Perangkat aerodinamika baru pada fairing Ducati Desmosedici GP21

Valentino Rossi sebagai pebalap yang sudah merasakan berbagai perkembangan motor MotoGP, mengaku tidak masalah jika MotoGP mengikuti langkah F1.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada akhirnya, ini menyenangkan, karena ini MotoGP. MotoGP adalah Formula 1 di sepeda motor," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (20/3/2021).

Baca juga: Jelang Seri Pembuka MotoGP, Quartararo Khawatir dengan Ducati

Rossi mengatakan, sangat menyenangkan sekali bahwa motor sekarang sangat canggih, baik dari sisi aerodinamika dan elektronik.

"Karena kami harus menjadi yang teratas di balap motor, yakni motor terbaik dan pebalap terbaik. Level di MotoGP luar biasa dan itu menyenangkan, menurut opini saya sebagai fans juga," kata Rossi.

 Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.TWITTER.com/jackmilleraus Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Menurut Rossi, yang terpenting adalah balapan yang disajikan tetap spektakuler. Sebab, itulah yang menjadi kekuatan di MotoGP.

"Jika Anda melihat catatan waktu dam keseimbangan di trek, akan ada pertarungan yang seru," ujar Rossi, memprediksi seri perdana MotoGP 2021 di Qatar pada Minggu, 28 Maret.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X