Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Motor Berhari-hari, Jangan Gunakan Standar Samping

Kompas.com - 13/03/2021, 12:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Umumnya sepeda motor dilengkapi dua jenis standar, samping dan tengah (ganda). Biasanya pengendara lebih memilih menggunakan standar samping ketika memarkir sepeda motornya karena lebih praktis.

Mayoritas wanita pun juga terbiasa menggunakan standar samping saat parkir. Menggunakan standar ganda dianggap membutuhkan banyak tenaga.

Apalagi kini telah banyak sepeda motor yang dilengkapi dengan teknologi side stand switch yang otomatis mematikan mesin saat standar samping diturunkan.

Baca juga: Mengulas Performa PCX 160 dan Yamaha Nmax 155

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Namun, memarkir motor dengan standar samping dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan dampak pada rangka motor.

Ditemui Kompas.com, Kamis (11/3/2021), Joko Suparman selaku Kepala Mekanik di Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen, menjelaskan bahwa parkir motor dengan standar samping dalam jangka waktu lebih lama dapat membuat rangka jadi tidak simetris.

"Standar samping kan cuma bertumpu pada satu titik di samping. Jika parkir sampai beberapa hari dengan standar samping, rangka motor bisa tidak simetris. Meskipun sebenarnya penyebab rangka miring itu ada banyak, bukan cuma itu saja," jelasnya.

Baca juga: Konsumen Masih Bisa Pesan Nmax Model Lama

Contoh paddock stand yang digunakan pada motor balap MotoGP Suzuki Esctar di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017). Mikhael Gewati Contoh paddock stand yang digunakan pada motor balap MotoGP Suzuki Esctar di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017).

Joko melanjutkan, pada kasus tertentu seperti motor yang sudah dimodifikasi ketinggiannya dengan memasang raiser pada shockbreaker, biasanya juga mengandalkan hanya standar samping. Ada juga yang sampai menanggalkan standar ganda karena modifikasi.

"Itu juga berpengaruh. Meski butuh tenaga, menggunakan standar ganda lebih dianjurkan. Berat motor akan bertumpu pada dua titik di tengah, tidak miring. Ini jika diparkir selama beberapa hari misalnya di penitipan motor terminal atau stasiun," kata Joko, menambahkan.

Bagaimana dengan sepeda motor sport yang tidak dilengkapi dengan standar ganda?

Disarankan untuk menggunakan paddock stand. Saat menggunakan paddock, sepeda motor jelas terparkir dengan seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com