Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Merawat Standar Tengah Supaya Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan posisinya yang berada di bawah motor, terkadang kita lupa bahwa standar ganda atau standar tengah pada sepeda motor juga membutuhkan perawatan.

Standar tengah menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan secara seimbang dalam kondisi roda belakang terangkat.

"Namun jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet tidak bisa digunakan," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ade mengatakan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat standar tengah.

Pertama, disarankan untuk menggunakan standar tengah setiap hari. Kebiasaan ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa standar tengah.

"Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan Main stand," kata Ade.

Kedua, lumasi shaft standar tengah secara berkala untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa standar tengah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bagian tersebut dapat terlumasi dengan baik.

"Posisikan sepeda motor pada side stand switch. Lumasi shaft main stand dari arah sebelah kanan. Pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik. Lakukan secara berkala setiap satu bulan atau sehabis dicuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir," ujar Ade.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/20/112200015/cara-mudah-merawat-standar-tengah-supaya-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke