Kompas.com - 19/03/2021, 10:02 WIB
Yamaha Scorpio Chopper Foto: dok. KustomfestYamaha Scorpio Chopper

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Scorpio merupakan motor yang banyak dijadikan basis motor custom. Alirannya pun beragam mulai dari scrambler sampai chopper.

Tapi untuk membangun chopper dari basis Scorpio tak semudah kelihatannya. Sebab dengan mesin tak terlalu besar proporsinya harus dipikirkan agar terlihat pas.

Yamaha Scorpio Chopper Foto: dok. Kustomfest Yamaha Scorpio Chopper

Hal itu diungkapkan Sumanto alias Manto, builder dari KNBL WORK, ketika mewujudkan skinny chopper menggunakan basis mesin Yamaha Scorpio tahun 2006.

Baca juga: Cuci Motor Listrik, Perhatikan Hal Berikut

"Konsepnya skinny chopper," kata Manto kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tantangannya ialah menyesuaikan proporsi mesin kecil. Ketika pakai mesin gede mesinnya lebih terekspos. Kalau di kelas 200 cc itu mengatur supanya mesin tidak terlihat kecil," katanya.

Yamaha Scorpio Chopper Foto: dok. Kustomfest Yamaha Scorpio Chopper

Untuk itu, kata Manto dia harus pintar mengukur motor yang diberi nama Susah Sembuh ini agar tampilannya bisa selaras.

"Pertama fitting yang punya, dan kita juga melihat dimensi mesin Scorpio, kemudian kita pilih pipa tidak boleh kegedean. Jadi memang bongkar pasang untuk mencari proporsinya," katanya.

Baca juga: KNKT Ungkap Masalah Bus Listrik di Indonesia, Perkabelan Amburadul

Yamaha Scorpio Chopper Foto: dok. Kustomfest Yamaha Scorpio Chopper

Manto mengatakan, hampir semua dikerjakan sendiri alias hand made. Mulai dari rangka, springer (suspensi depan), tangki, sepatbor belakang, jok, hingga internal gas.

"Handle (tuas rem dan kopling) juga, itu permintaan owner tetap pakai handle, jadi tetap kita buat, lampu depan juga bikin sendiri," katanya.

Yamaha Scorpio Chopper Foto: dok. Kustomfest Yamaha Scorpio Chopper

Selain hampir semuanya hand made, Manto juga mengatakan mengecat motor sendiri. Tak pelak dia membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan motor.

"Warna orange permintaan dari pemiliknya, ngecat juga sendiri," kata Manto. Hasilnya jadilah motor chopper menawan dengan proporsi yang ideal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X