Servis Motor Listrik Gesits, Cuma Ganti Kampas Rem dan Belt

Kompas.com - 18/03/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kerja sepeda motor listrik berbeda dengan motor bensin. Komponen motor listrik lebih sedikit dibandingkan motor dengan pembakaran dalam.

Untuk penggerak, motor listrik hanya membutuhkan tiga komponen utama yaitu motor atau dinamo, kemudian kontroler, dan baterai. Lantas bagaimana dengan servisnya?

Baca juga: Honda CB650R Punya Baju Baru, Cek Harganya

GesitsKOMPAS.com/Gilang Gesits

Ray Goller, Divisi Custom Gesits Sukses Makmur (GSM) Sub Dealer Gesits Bali Pratama (GBP), mengatakan, pada dasarnya motor listrik bebas perawatan.

"Kalau motor listrik dan kontroler tidak servis. Kontroler tidak, malah tidak boleh dibuka karena garansinya akan hangus. Motor listrik paling kalau ada masalah di laher baru itu diperbaiki," kata Ray kepada Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Ray mengatakan, untuk dinamo, kontroler, dan baterai pada dasarnya minim perawatan. Servis paling hanya untuk mengganti komponen bergerak yang habis karena pemakaian.

Gesits sespan dijual Rp 55 jutaKOMPAS.com/Gilang Gesits sespan dijual Rp 55 juta

"Servis paling kampas rem dan belt. Kalau kampas relatif seberapa banyak orang ngerem, sedangkan belt itu tiap 3.000 km," katanya.

Baca juga: Pasang Girder, Astra Tol Cipali Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di KM 158

Harga dua komponen tersebut juga cukup terjangkau. Ray mengatakan, untuk kampas rem seharga Rp 22.000 sedangkan belt sebesar Rp 139.000.

"Kalau yang lain dipakai normal seperti bagian kelistrikan mestinya tidak ada masalah," kata Ray.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.