Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hadapi Jalan Lumpur dan Berlubang Pakai Motor Trail

Kompas.com - 18/03/2021, 16:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertualang menggunakan motor off road ramai diminati belakangan ini. Buat yang baru mau mencoba perlu mengetahui trik-trik dasar bermain motor tanah.

Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips saat ingin main off road. Tips ini ditujukan buat pemula yang tertarik mencoba motor trail Yamaha WR155.

Baca juga: Diler Suzuki Tawarkan Jimny Tanpa Inden, Harga Tembus Rp 500 Jutaan

Tips basic riding skill baik untuk pengereman, berbelok, melewati jalan menanjak maupun menurun. Sebab saat bermain off road treknya tidak bisa ditebak.

Cara naik motor off roadFoto: Yamaha Cara naik motor off road

"Posisi berkendara ketika menikung dan berdiri, melewati trek tanjakan dan turunan, saat akan naik sepeda motor, saat akan berhenti, dan saat akan turun dari motor," tulis Yamaha dalam rilis resmi, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: DPR Sambut Wacana Revisi Insentif PPnBM Mobil Listrik

Yamaha juga memberikan tips yang benar untuk menerabas jalan berlumpur atau berlubang, kemudian jalan rusak dan berbatu, dan cara parkir di tempat tidak rata.

Cara naik motor off roadFoto: Yamaha Cara naik motor off road

Berikut tips dari Yamaha cara melintasi beberapa permukaan jalan:

1. Jalan berlumpur/lubang

Hal pertama ialah memilih jalur yang lebih aman. Perlahan masuk ke dalam lubang atau lumpur. Posisi harus kaki siap jika terjadi slip. Hindari lakukan pengereman dan akselerasi secara tiba-tiba

2. Jalan rusak/berbatu

Posisi disarankan berdiri dengan sudah menguasai riding position off road. Tangan mesti santai dan hindari melawan pergerakan stang dengan keras

Gunakan gigi dan rpm yang tepat. Hindari melakukan akselerasi yang tiba-tiba, dan hindari melakukan pengereman yang tiba-tiba

3. Parkir di area tidak rata

Gunakan gigi 1 saat parkir dan hindari dalam kondisi netral karena membuat motor mudah mundur dan maju. Posisi setang tekuk penuh ke kiri. Mesin motor dalam kondisi mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com