Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meminjamkan Motor ke Teman Masih Dianggap Sepele

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan motor gede (moge) Yamaha R6 yang diunggah ke Instagram oleh akun Indo 110 Upp. Dalam video tersebut, dikatakan kalau motor tersebut merupakan pinjaman.

Motor 600cc ini terlihat ringsek parah dan ada satu unit bus yang terguling di belakangnya. Jika memang benar ini motor hasil meminjam teman, kejadian ini sudah pasti merugikan si pemilik motor. Buat estimasi saat ini moge R6 dijual minimal Rp 200 jutaan ke atas untuk produksi setelah tahun 2010.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika kita meminjamkan motor ke orang lain, memang kerap dianggap hal yang biasa atau sepele. Namun, ada kalanya juga harus lihat siapa yang mau meminjamnya.

“Jangan sampai kita terlalu baik meminjamkan, namun membahayakan nyawa teman kita. Karena kita tahu dia belum mahir namun kita sudah terlalu percaya meminjamkan motor kita,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Agus mengatakan, sebagai yang mau meminjam motor, sebaiknya harus mengukur kemampuan diri. Jika memang belum bisa mengendarai motor model tertentu, jangan memaksa mencobanya, karena sangat berisiko kecelakaan.

“Selain itu, jika mengendarai motor orang lain, harus hati-hati. Jangan sampai kendaraan milik orang lain jadi rusak karena dipinjamkan,” kata Agus.

Begitu juga yang dikatakan oleh Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. meminjam atau mengendarai motor orang lain memang terlihat mudah, tapi tidak seperti yang dilihat.

“Pinjam motor itu tidak boleh sembarangan, seseorang secara skill butuh waktu untuk menyesuaikan. Bisa lama kalau pemula atau cepat kalau yang sudah paham,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/18/102200615/meminjamkan-motor-ke-teman-masih-dianggap-sepele

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke