Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain BMW R18 Touring Bocor, seperti Ini Wujudnya

Kompas.com - 18/03/2021, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad tak puas hanya menghadirkan R18 First Edition dan R18 Classic. Pabrikan motor asal Jerman ini juga berencana membuat versi touring dari R18.

Paten terbaru yang diajukan oleh BMW Motorrad menunjukkan motor touring dengan basis R18. Terlihat dari mesin Big Boxer berkapasitas 1.802 cc yang digunakan.

Baca juga: BMW Motorrad Siapkan R18 Versi Lebih Kecil

Namun, berbeda dari R18 First Edition dan R18 Classic, untuk R18 Touring ini mendapat banyak update dari segi fitur dan desain.

Desain BMW R18 TouringDok. Bikesrepublic.com Desain BMW R18 Touring

Dikutip dari Bikesrepublic.com, Rabu (17/3/2021), motor tersebut tampak dibekali dengan tempat duduk yang panjang yang bisa digunakan untuk berboncengan. Tangki bensin model teardrop yang lebih besar juga disematkan untuk mengakomodasi perjalanan jauh.

Tentunya, fairing depan model bat-wing yang berfungsi menahan terpaan angin juga melengkapi desain R18 Touring ini. Lalu, tambahan pannier atau boks kanan dan kiri di bagian belakang juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengendaranya melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Baru Akan Meluncur Maret, BMW R18 Classic Sudah Ludes

Jika diteliti lagi di bagian panel meter, sepertinya kesan klasik sudah tidak terlalu ditonjolkan. R18 Touring ini sepertinya akan dibekali dengan layar TFT yang diposisikan di bawah panel meter model analog. Sedangkan di bagian kanan dan kirinya, diperkirakan akan digunakan untuk speaker.

Desain BMW R18 TouringDok. Bikesrepublic.com Desain BMW R18 Touring

Sepatbor depan juga didesain lebih panjang untuk menahan lumpur atau cipratan air lebih baik. Perbedaan lainnya ada di bagian knalpot. Pada R18 Touring ini sudah tidak menggunakan knalpot model fishtail.

Jika melihat desainnya secara keseluruhan, tampaknya BMW R18 Touring ini akan menantang langsung Harley-Davidson Touring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com