Rapor MPV Murah di Februari, Wuling Confero Kalahkan Suzuki Ertiga

Kompas.com - 17/03/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi penjualan mobil KOMPAS.com/STANLY RAVELIlustrasi penjualan mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penjualan mobil keluarga 7-penumpang murah alias low multi purpose vehicle (LMPV) di dalam negeri mengalami penurunan tajam sepanjang Februari 2021 .

Hal ini sejalan dengan perlambatan pasar otomotif nasional di periode sama imbas wacana pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) hingga 100 persen.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales kendaraan di segmen tersebut melemah 46,9 persen dari bulan sebelumnya dan 73,5 persen secara tahunan (year-on-year).

Baca juga: Raize dan Rocky Terancam Gagal Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWA Ilustrasi penjualan mobil.

Tahun lalu, total penjualan LMPV mampu menorehkan angka 15.087 unit dikarenakan kondisi pasar sedang dalam keadaan baik (daya beli dan produksi), serta belum terdampak pandemi Covid-19.

Sementara, untuk penguasaan pasar Toyota Avanza Cs ini per Februari 2021 ialah 8,1 persen, menyusut dibandingkan capaian Januari 2021 yakni 14,2 persen.

Maka, saat ini popularitas LMPV bisa dikatakan mulai redup karena kalah jauh dari low cost green car (LCGC) yang menguasai sekitar 19 persen maupun low sport utility vehicle (LSUV) sebesar 14 persen.

Meski demikian, Avanza masih kokoh menjadi penguasa di jajaran mobil keluarga usai memimpin penjualan sebesar 1.921 unit, turun dari 2.908 unit pada bulan sebelumnya.

Kemudian di posisi kedua masih ditempati sang rival, Mitsubishi Xpander dengan capaian 924 unit. Penjualan itu tanpa mencantumkan Xpander Cross.

Baca juga: Penjualan Mobil di Februari 2021 Anjlok, Dampak Wacana Insentif PPnBM

Eksterior New Wuling Confero SKompas.com/Donny Eksterior New Wuling Confero S

Lalu secara berurutan, diisi oleh Daihatsu Xenia dengan total penjualan 347 unit, Honda Mobilio 334 unit, serta Wuling Confero S 262 unit.

Torehan tersebut cukup menarik karena pada akhirnya Confero mampu menyalip pencapaian Suzuki Ertiga (207 unit) dan masuk ke-5 besar LMPV terlaris di pasar domestik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X