Raize dan Rocky Terancam Gagal Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Kompas.com - 17/03/2021, 07:02 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah (DTP) terhadap Toyota Raize dan Daihatsu Rocky belum pasti atau bisa batal.

Pasalnya, saat ini pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku manufaktur masih melakukan persiapan untuk memproduksi dua model mobil baru tersebut di dalam negeri, khususnya pada bagian mesin.

Jika komitmen awal produsen meleset dari target, yakni pemenuhan local purchase minimum 70 persen, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memberikan sanksi dan menghapus tipe kendaraan terkait dari daftar yang berhak mendapatkan insentif. Syarat local purchase, adalah jumlah presentase tertentu dalam pembelian komponen dari dalam negeri

Baca juga: Rocky Jadi Mobil CVT Pertama Daihatsu di Indonesia

Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Demikian diungkapkan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Sony Sulaksono kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

"Secara perhitungan mereka, kedua tipe baru itu akan mampu untuk memenuhi persyaratan penerimaan insentif salah satunya local purchase 70 persen. Tapi apabila perusahaan tak mampu memenuhi ketentuannya akan diberikan sanksi administratif," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan/atau, tipe kendaraan bermotor tersebut dihapus dalam daftar yang berhak mendapatkan PPnBM DTP. Ini dilakukan saat evaluasi per-3 bulan," lanjut Sony.

Untuk diketahui, local purchase 70 persen merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi pabrikan untuk mendapatkan insentif PPnBM. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021.

Tak hanya itu, model terkait juga harus memenuhi rincian komponen tertentu dalam pembelian lokal, seperti termaktub dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021.

Baca juga: Insentif PPnBM Bakal Dikaji, Ada Syarat Mutlak buat Dapat Insentif

Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/Stanly Ravel Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019

Local Purchase sendiri berbeda dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), yang merupakan total penghitungan pembelian lokal dalam perakitan suatu produk mulai dari biaya logistik, ongkos kerja, kelistrikan, dan lainnya.

Dari catatan redaksi, sampai detik ini ADM belum memiliki fasilitas produksi mesin turbo yang nantinya digunakan Rocky dan Raize. Padahal, kedua produk ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.