Mengenal 2 Posisi Duduk di PCX 160, Kaki Bisa Selonjoran

Kompas.com - 15/03/2021, 14:31 WIB
                Posisi duduk ride on position Honda PCX 160               Foto: dok. AHM Posisi duduk ride on position Honda PCX 160
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik bongsor semacam Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax semakin diminati konsumen karena bodinya besar dan punya posisi duduk yang nyaman.

Pengendara motor setidaknya bisa punya dua postur yaitu duduk dengan kaki sedikit tertekuk atau disebut ride on position, dan menjulurkan kaki dengan sebutan leasure position.

Baca juga: Menilik Harga Motor Sport Seken di Solo

Posisi duduk Leasure Position di Honda PCX 160Foto: dok. AHM Posisi duduk Leasure Position di Honda PCX 160

Manager Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, postur berkendara dapat berpengaruh pada tingkat kelelahan saat berkendara.

“Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting," kata Lucky dalam keterangan resmi, Senin (15/3/2021).

"Pengendara harus mampu mengidentifikasi kondisi jalan yang dilewati, tetapi juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara," katanya. 

Posisi duduk ride on position Honda PCX 160Foto: dok. AHM Posisi duduk ride on position Honda PCX 160

1. Ride on Position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.

"Pada Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul. Membuat menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan, memberikan handling yang maksimal," kata Lucky.

Baca juga: GrabWheels Masuk Solo, Ingat Sikap Pengendara Motor Saat Berjumpa

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

Posisi duduk leasure positionFoto: dok. AHM Posisi duduk leasure position

2. Leasure Position

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara.

Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi ride on position.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X