Ketemu dengan Bus Ngeblong, Segera Cari Ruang Aman untuk Menghindar

Kompas.com - 12/03/2021, 15:41 WIB
Potongan video bus ngeblong INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDOPotongan video bus ngeblong

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyaknya mobil yang memakai kamera dasbor atau dash cam memperlihatkan banyak kelakuan pengguna jalan di Indonesia yang berbahaya.

Misalnya video yang diunggah oleh akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram. Video tersebut memperlihatkan kelakuan sopir bus yang ngeblong atau lawan arah, yang mengambil jalur berlawanan untuk menyalip kendaraan.

Pengemudi dari arah berlawanan pun hanya bisa mengklakson bus tersebut dan berusaha menghindar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, banyak sekali kejadian bus melakukan manuver seperti tadi tanpa mengindahkan faktor keselamatan.

Baca juga: Catat, Ini Tarif Resmi Perpanjangan SIM A dan C

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Menyusul itu lihat marka jalannya, rambu-rambunya, kondisi jalan, lingkungan, dan lalu lintasnya. Banyak pengemudi dari arah sebaliknya terpaksa harus bertaruh nyawa karena perilaku pengemudi bus yang seperti ini,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Sony mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan oleh pengemudi saat menghadapi kondisi seperti tadi. Pertama, yaitu merekam dan melaporkan. Hal ini dilakukan agar mereka ditertibkan dan dihukum sehingga bisa menekan angka kecelakaan.

Baca juga: Perang Harga Bus Mewah Jakarta–Malang, Mulai Rp 300.000

“Kedua, yaitu pengemudi harus melihat spot atau ruang aman di pinggir jalan untuk menghindar. Caranya yaitu dengan menjaga kecepatan, sehingga reaksi dari tindakan pengemudi sesuai dengan arah yang benar,” kata Sony.

Sony mengingatkan agar mengemudi aman saat bertemu bus, satu-satunya cara yaitu menghindar. Tidak ada gunanya meladeni pengemudi bus yang ugal-ugalan, jangan sampai pertaruhkan nyawa karena merasa benar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.