Kompas.com - 11/03/2021, 13:22 WIB
Indian Scout 1929 Foto: Motobiscuit.comIndian Scout 1929

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson dikenal sebagai sepeda motor besar (moge) asal Amerika Serikat (AS). Motor yang mengusung mesin V-Twin ini disukai karena memiliki tampang gagah.

Meski demikian sebetulnya bukan hanya H-D, ada moge lain yang tak kalah legendaris di dunia sepeda motor AS yaitu Indian. Bahkan jika menilik sejarahnya, Indian lebih dulu hadir sebelum H-D.

Tak heran jika Indian kemudian memberikan jargon yang mudah diingat orang, yaitu America's First Motorcycle Company atau perusahaan motor pertama di Amerika. Klaim ini juga melekat dengan Indian sampai saat ini.

Baca juga: Indian Brave Motor Klasik Amerika Rasa Inggris

Sejarah Indian dimulai pada 1897. Saat itu sang pendiri yaitu George M Hendee membuat perusahaan sepeda bernama Hendee Manufacturing Company.

IndianFoto: Visordown Indian

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hendee bekerjasama dengan Oscar Herdstrom sebagai salah satu pendiri dan kepala teknisi, membuka pabrik pertama di kota Springfield pada 1901.

Pada 1915, Hendee mengundurkan diri sebagai manajer umum tapi tetap menjabat presiden perusahaan. Hingga akhirnya pada 1916 Hendee resmi pensiun.

Pada 1923, perusahaan mengubah namanya dari The Hendee Manufacturing Company menjadi The Indian Motocycle Company. Memang pada saat perusahaan diresmikan, namanya tidak menggunakan 'r' dalam 'motocycle.'

Berikut perjalanan motor Indian dikutip dari The Brain Bucket. Sengaja ditampilkan dalam bentuk garis waktu agar lebih mudah dibaca.

Baca juga: Harley Davidson Pan America 1250 Meluncur, Ini Harganya

1897

George M. Hendee mendirikan perusahaan sepeda bernama Hendee Manufacturing Company.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X