Salin Artikel

Mengenal Sejarah Indian, Moge Pertama dari AS

Meski demikian sebetulnya bukan hanya H-D, ada moge lain yang tak kalah legendaris di dunia sepeda motor AS yaitu Indian. Bahkan jika menilik sejarahnya, Indian lebih dulu hadir sebelum H-D.

Tak heran jika Indian kemudian memberikan jargon yang mudah diingat orang, yaitu America's First Motorcycle Company atau perusahaan motor pertama di Amerika. Klaim ini juga melekat dengan Indian sampai saat ini.

Sejarah Indian dimulai pada 1897. Saat itu sang pendiri yaitu George M Hendee membuat perusahaan sepeda bernama Hendee Manufacturing Company.

Hendee bekerjasama dengan Oscar Herdstrom sebagai salah satu pendiri dan kepala teknisi, membuka pabrik pertama di kota Springfield pada 1901.

Pada 1915, Hendee mengundurkan diri sebagai manajer umum tapi tetap menjabat presiden perusahaan. Hingga akhirnya pada 1916 Hendee resmi pensiun.

Pada 1923, perusahaan mengubah namanya dari The Hendee Manufacturing Company menjadi The Indian Motocycle Company. Memang pada saat perusahaan diresmikan, namanya tidak menggunakan 'r' dalam 'motocycle.'

Berikut perjalanan motor Indian dikutip dari The Brain Bucket. Sengaja ditampilkan dalam bentuk garis waktu agar lebih mudah dibaca.

1897

George M. Hendee mendirikan perusahaan sepeda bernama Hendee Manufacturing Company.

Salah satu merek sepeda buatannya bernama American Indian, yang akhirnya disingkat menjadi “Indian” dan dinyatakan sebagai nama merek utama.

Nama itu kemudian melekat hingga sekarang.

1901

Pada Mei 1901, Indian berhasil menyelesaikan mesin bensin pertama. Mesin itu rencananya akan dipakai di untuk mengikuti balapan.

Hadirnya mesin tersebut mengukuhkan reputasi Indian sebagai produsen alat berat yang kuat dan andal. Pada tahun yang sama, Indian juga membangun pabrik pertamanya di pusat kota Springfield, Massachusetts.

1902

Lahirlah motor pertama dengan nama Indian.

Tahun itu, Indian melakukan debut balapan motor, dan memenangkan perlombaan ketahanan dari Boston ke New York.

1903

Oscar Hedstrom yang merupakan salah satu pendiri dan kepala insinyur perusahaan, memacu motor kreasinya dengan kecepatan 56 mph.

1906

Indian membuat motor bermesin V-twin pertama. Motor ini segera melambungkan nama Indian karena berhasil memenangkan perlombaan saat itu.

Setahun kemudian, Indian merilis motor bermesin 633 cc, V-Twin 42 derajat. Motor ini tercatat sebagai motor V-Twin produksi massal pertama di Amerika.

1916

Indian memperkenalkan mesin Powerplus, yaitu mesin 1.000cc dengan kepala mesin berbentuk pipih berkonfigurasi V-twin 42 derajat dengan katup samping untuk pengoperasian yang lebih besih dan tidak berisik.

Powerplus menghasilkan tenaga lebih besar. Motor bisa dipacu hingga kecepatan 60 mph.

1917

Ketika Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I, Indian Motorcycle mendedikasikan kemampuan produksinya untuk keperluan perang.

Perusahaan menyediakan motor kepada militer AS berdasarkan model Indian Powerplus. Tercatat hampir 50.000 unit motor Indian dipakai oleh tentara AS saat itu.

1919

Indian Scout diproduksi. Indian Scout merupakan model berukuran sedang dan gesit memiliki mesin V-twin 606 cc.

1922

Pada 1922, Indian memperkenalkan Indian Chief atau the “Big Scout."

Motor ini memiliki mesin 61ci atau 1.000cc berbasis mesin Powerplus. Satu tahun kemudian, Big Chief memakai mesin 74ci atau 1.200 cc dan dengan cepat menjadi motor paling populer.

1927

Indian merilis Police Special yang memakai mesin 45ci atau 750cc V-twin pada rangka Scout.

Model khusus ini kemudian dikenal sebagai salah satu mesin terbaik yang pernah dibuat oleh Indian.

1934

AS dilanda depresi ekonomi. Penjualan motor mengalami penurunan termasuk Indian.

Meski demikian Indian tetap memperkenalkan model-model baru diantaranya Sport Scout, Motoplane, Scout Pony, dan Scout Model 203.

1938

Sebuah klub motor Indian bernama 'Jackpine Gypsies' dari Sturgis, South Dakota, mengadakan perlombaan yang disebut Black Hills Classic yang kemudian berkembang menjadi Sturgis Motorcycle Rally.

1940

Dunia semakin dekat dengan Perang Dunia II. Indian memproduksi 5.000 unit motor untuk digunakan pemerintah Prancis pada awal perang.

Masa Perang Dunia II

Sama seperti Harley-Davidson yang memiliki WLA, Indian memproduksi Model 841 untuk dipakai Angkatan Darat AS.

Motor ini menggunakan mesin berpendingin udara 45-ci atau 750cc V-twin.

Di era ini Indian fokus untuk membuat motor perang yang dipakai tentara. Hanya sedikit unit yang diproduksi untuk konsumen ritel.

1948

Presiden perusahaan Ralph B. Rogers melakukan tur keliling AS untuk memperkenalkan Indian Arrow 220cc dan Indian Scout 440cc.

Indian membuat motor yang relatif kecil untuk bersaing dengan motor-motor impor.

1953

Pada 1953 Indian menghentikan operasi dan menghentikan produksi semua model.

Meski tidak memproduksi motor lagi, Indian tetap banyak dipakai di ajang balapan.

Pada 1967, Burt Munro yang berusia 68 tahun mencetak rekor kecepatan 184,087 mph di Bonneville Salt Flats, menggunakan Indian Scout tahun 1926 bermesin 600cc yang dimodifikasi.

Kisah Munro kemudian diceritakan dalam film "The World’s Fastest Indian".

Pada era 1990'an Indian dianggap sebagai merek motor yang sudah tiada. Motor-motor Indian masuk dalam kategori motor klasik dan incaran kolektor.

2011

Pada 2003 Indian menyatakan bangkrut dan beberapa kali berpindah kepemilikan.

Tidak banyak orang yang mendengar Indian sampai akhirnya pada 2011, Indian diakuisisi oleh Polaris Industries.

Sejak itu Indian mulai bangkit sebagai salah satu produsen motor legendaris asal AS.

Indian rajin meluncurkan model baru dengan desain dan teknologi yang menyesuaikan zaman. Tapi tetap mempertahankan aura vintage.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/11/132200215/mengenal-sejarah-indian-moge-pertama-dari-as-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.