Indian Brave Motor Klasik Amerika Rasa Inggris

Kompas.com - 06/09/2019, 15:31 WIB
Indian Brave Oni FaristiwaIndian Brave
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-22 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor Indian Brave. Motor kebanggaan Amerika Serikat, yang sayangnya gagal dari banyak sisi namun punya tempat di hati penggemar motor klasik.

Indian Brave bermula dari kebangkrutan Indian tahun 1940-an yang kalah saing dari Harley-Davidson dan merek-merek Inggris.

Mengutip Bikeurious, Indian kemudian dibeli oleh perusahaan Inggris, Brockhouse Engineering.

Baca juga: BSA Golden Flash, Motor Klasik Inggris dengan Warna Mentereng

Perusahaan itu kemudian mencanangkan menghidupkan kembali Indian. Strateginya ialah membuat motor yang murah, terjangkau, dan bisa dibeli oleh banyak orang. Singkat cerita jadilah Indian Brave, mesinnya menggunakan jantung 250cc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indian Brave Oni Faristiwa Indian Brave

Brockhouse Engineering sendiri merupakan perusahaan yang menelurkan Brockhouse Corgi, skuter mungil 98cc yang rilis tahun 1948.

Motor yang dikembangkan dari Excelsior Welbike, yaitu motor yang dipakai pasukan terjun payung Inggris di D-Day Perang Dunia 2 pada 1944.

Indian Brave lahir pada 1950. Strategi awal dengan melahirkan motor yang bisa dijangkau dari segi harga justru berbalik arah bagi konsumen di AS yang sudah terlanjur lekat dengan mesin V-Twin milik Indian.

Konsumen AS melihatnya hanya sebagai nama bukan tradisi. Sumpmagazine menulis, Indian Brave tidak pernah mencapai kejayaan.

"Kolektor garis keras Indian klasik bermesin V-Twin umumnya mencemooh penipu 'non-otentik' ini. Pecinta motor-motor veteran dan Indian klasik akan selalu melihat kekurangan setiap melihat Brave," tulis Sumpmagazine.

Baca juga: Vespa PTS 100, Smallframe Bukan untuk Pemula

Indian Brave Oni Faristiwa Indian Brave

Pada saat Brave diluncurkan, Indian dengan cepat kehabisan uang. Strateginya terbukti salah. Selama tahun-tahun terakhirnya, perusahaan ini sempat menelurkan beberapa model motor kecil termasuk Arrow 149cc, Super Scout 249cc dan Warrior 250cc.

Kendati di zamannya tidak terlalu sukses, harus diakui Indian Brave merupakan ''anomali'' yang cantik di masa kini. Motor Indian mungil dengan desain ala ''Inggrisan'' membuatnya masih dicari oleh kolektor motor klasik.

Saat mencari di situs jual beli e-Bay, harga Indian Brave tak terlalu mahal, setidaknya buat produk tahun 1950-an. Tahun 2015 lelang terbuka di e-Bay mencatat motor berhasil terjual 4.550 poundsterling atau sekitar Rp 77 jutaan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.