[VIDEO] Beda Nano Coating dan PPF untuk Perawatan Mobil

Kompas.com - 11/03/2021, 12:02 WIB
Perawatan nano ceramic dan PPF untuk kendaraan selama pandemi MARK AUTO DETAILINGPerawatan nano ceramic dan PPF untuk kendaraan selama pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa perawatan kendaraan makin tersebar belakangan ini. Layanan yang ditawarkan pun beragam namun yang paling banyak adalah nano ceramic coating dan paint protection film (PPF).

Tapi apa sebenarnya perbedaannya?

Padahal kedua teknologi ini sama-sama berfokus untuk memberikan perlindungan cat kendaraan dari noda.

Menurut Nicholas Santoso, CMO Mark Auto Detailing, kedua teknologi perlindungan ini berbeda dari sisi pemasangan. Tambahan lain, keduanya memiliki tingkat perlindungan yang berbeda.

Baca juga: Tips Perawatan Mudah buat Pemilik Mobil Listrik

"Coating itu bahannya cair. Pengaplikasiannya mudah mengikuti bentuk bodi kendaraan. PPF menggunakan lembaran film. Pengerjaannya sedemikian rupa supaya rapi dan tidak terlihat dilapisi. Jika ada sedikit kesalahan dalam proses pemasangan harus mengganti satu panel sehingga bahannya banyak," ucap Nicholas dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk fungsinya, nano coating meningkatkan kilap dan pendar warna cat mobil sehingga tampilan mobil lebih mengkilap. PPF unggul dalam melindungi cat karena bahannya lebih tebal serta memiliki teknologi self healing bila terkena baret.

Kedua teknologi ini dari segi harga juga berbeda. Nano coating berkisar antara Rp 3,5 juta sampai Rp 8,5 juta sedangkan PPF mulai Rp 17,5 juta sampai Rp 25 juta tergantung ukuran mobil.

Simak video berikut untuk mengetahui perbedaan nano coating dan PPF



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.