Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[VIDEO] Beda Nano Coating dan PPF untuk Perawatan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa perawatan kendaraan makin tersebar belakangan ini. Layanan yang ditawarkan pun beragam namun yang paling banyak adalah nano ceramic coating dan paint protection film (PPF).

Tapi apa sebenarnya perbedaannya?

Padahal kedua teknologi ini sama-sama berfokus untuk memberikan perlindungan cat kendaraan dari noda.

Menurut Nicholas Santoso, CMO Mark Auto Detailing, kedua teknologi perlindungan ini berbeda dari sisi pemasangan. Tambahan lain, keduanya memiliki tingkat perlindungan yang berbeda.

"Coating itu bahannya cair. Pengaplikasiannya mudah mengikuti bentuk bodi kendaraan. PPF menggunakan lembaran film. Pengerjaannya sedemikian rupa supaya rapi dan tidak terlihat dilapisi. Jika ada sedikit kesalahan dalam proses pemasangan harus mengganti satu panel sehingga bahannya banyak," ucap Nicholas dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Untuk fungsinya, nano coating meningkatkan kilap dan pendar warna cat mobil sehingga tampilan mobil lebih mengkilap. PPF unggul dalam melindungi cat karena bahannya lebih tebal serta memiliki teknologi self healing bila terkena baret.

Kedua teknologi ini dari segi harga juga berbeda. Nano coating berkisar antara Rp 3,5 juta sampai Rp 8,5 juta sedangkan PPF mulai Rp 17,5 juta sampai Rp 25 juta tergantung ukuran mobil.

Simak video berikut untuk mengetahui perbedaan nano coating dan PPF

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/11/120200415/-video-beda-nano-coating-dan-ppf-untuk-perawatan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke