Giliran Honda Vario Dikloning Pabrikan China

Kompas.com - 11/03/2021, 11:22 WIB
Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda Vario Dok. Motosaigon.vnSkutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda Vario

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah banyak motor-motor yang ditiru oleh pabrikan China, terutama dari desain bodi. Kali ini, Honda Vario diketahui juga keluar versi kloningnya.

Dikutip dari Motosaigon.vn, Kamis (11/3/2021), beredar foto skuter matik (skutik) yang sangat mirip Honda Vario di media sosial.

Baca juga: Harga Honda Vario 150 Seken di Jawa Tengah, di Bawah Rp 20 Juta

Ternyata, setelah ditelisik ini adalah produk baru dari pabrikan China yang meniru hampir 80 persen Honda Vario dan sedang didistribusikan ke Vietnam.

Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda VarioDok. Motosaigon.vn Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda Vario

Skutik ini juga tersedia dua varian, 125 cc dan 150 cc. Ada tiga piilhan warna yang ditawarkan, yakni oranye, hitam, dan silver.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak ada striping yang ditempel pada bodinya. Tapi, ada emblem bertuliskan Click pada bodi samping kanan dan kiri. Di bodi depan sebelah kanan dan kiri juga terdapat emblem 125i atau 150i.

Baca juga: Usai PCX, Honda Siapkan Vario 160?

Di bagian panel meter, skutik tiruan Honda Vario ini juga sudah full digital. Namun, tampilannya terlihat lebih kaku, meskipun cukup informatif juga.

Skutik buatan pabrikan China yang desainnya sangat mirip Honda VarioDok. Motosaigon.vn Skutik buatan pabrikan China yang desainnya sangat mirip Honda Vario

Jika pada Honda Vario, terdapat logo Honda di bawah panel meter, pada skutik kloningan ini diganti dengan logo FI.

Desain lampu depan, lampu belakang, dan lampu seinnya pun juga sama persis. Sudah mengandalkan teknologi LED juga pada sistem pencahayaannya.

Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda VarioDok. Motosaigon.vn Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda Vario

Bagian yang jelas terlihat berbeda adalah rem cakramnya yang sudah model wavy. Selain itu, desain palang peleknya juga berbeda dengan Honda Vario.

Perbedaan lain juga terlihat di bagian CVT. Honda Vario sudah meninggalkan penggunaan kick starter. Sementara motor tiruan dengan emblem Click ini, masih mengandalkan kick starter.

Disebutkan harganya ada di kisaran 25 juta dong atau sekitar Rp 15,6 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.