Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stigma Mercy Mobil Mahal Perawatannya, Benarkah?

Kompas.com - 10/03/2021, 16:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendengar nama Mercedes-Benz, apa yang muncul di benak Anda? Mobil mewah, harga mahal, biaya perawatan tinggi. Ternyata stigma mahal itu tidak sepenuhnya benar, sebab harga perawatan Mercy kurang lebih sama dengan mobil Jepang.

Menjawab stigma tersebut, Muhammad Fawzi, salah satu pemilik bengkel khusus Mercedes-Benz bernama Mangaraja mengatakan, mahal atau murah biaya servis itu sebenarnya subjektif.

Baca juga: Viral Biaya Servis Mercy G-Class Tembus Rp 90 Jutaan, Ganti Kampas Rem Saja Rp 18 Juta

“Kalau mobilnya mahal ya pasti mahal juga perawatannya. Kisaran biaya pastinya juga berbeda dengan mobil Jepang. Tapi, karena Mercy umumnya sekelas dengan mobil-mobil Jepang seperti Camry atau Lexus, jadi rasanya tidak terlalu jauh perbedannya,” ujar Fawzi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Fawzi menjelaskan, segi kualitas stok sparepart mobil Eropa memang tidak sebanyak dengan mobil Jepang. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan biaya servis mobil Eropa sedikit lebih mahal dari mobil Jepang.

“Kemudian, dari segi kualitas sparepart mobil Eropa juga lebih baik dari mobil Jepang pada umumnya,” ucapnya.

Mercedes-Benz C-Class W203Wikipedia Mercedes-Benz C-Class W203

Pada kesempatan yang berbeda, stigma tersebut juga coba ditepis oleh Deni Chandra, pemilik bengkel khusus Mercedes-Benz bernama Starpro di bilangan Jakarta Utara.

Baca juga: Cek ke AHASS, Honda Kasih Gratis Pengecekan Komponen Motor

“Kalau kita membeli Mercy dengan tipe paling atas atau model sport seperti G-Class misalnya, jelas biaya perawatannya akan mahal. Sama seperti mobil Jepang, kalau kita punya Camry atau Lexus biaya perawatannya juga pasti mahal. Tapi kalau Mercy tipe C atau E biaya perawatannya hampir sama dengan mobil Jepang,” ujar Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com