Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Bentuk Konsorsium Baterai Motor Listrik

Kompas.com - 02/03/2021, 16:01 WIB
Motor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019 Dok. Rideapart.comMotor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019
|

LONDON, KOMPAS.com - Empat pabrikan sepeda motor, yaitu Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio, menandatangani kerja sama untuk mendirikan konsorsium baterai motor listrik.

Kerja sama ini akan fokus pada jenis baterai motor listrik yang dapat ditukar alias swappable, yaitu baterai yang bersifat universal dan bisa dipakai lintas merek.

Tujuan pendirian konsorsium yakni untuk menentukan spesifikasi teknis standar baterai. Konsorsium juga akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan serta badan standardisasi baik di tingkat regional, Eropa, maupun internasional.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon Diler, Harga Ertiga Lebih Murah Rp 30 Juta

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

Mengutip Visordown, konsorsium ini akan mulai beroperasi pada Mei 2021. Disebutkan konsorsium juga akan mengirim undangan ke produsen lain untuk bergabung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Takuya Kinoshita, Executive Officer dan Chief General Manager of Motorcycle Business Operations for Yamaha, mengatakan, konsorsium ini punya andil besar ke depannya.

“Saya percaya pembentukan konsorsium ini memiliki arti penting tidak hanya untuk Eropa, tetapi dunia saat kami bergerak menuju standar untuk baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan listrik ringan," katanya mengutip Visordown, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Mengenal Kursi Bus dengan Standar Keamanan Eropa

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

"Saya yakin bahwa melalui pekerjaan seperti ini, spesifikasi dan standar teknis, yang saat ini berbeda menurut karakteristik regional atau keadaan industri di pasar yang berbeda akan disatukan, dan di masa depan, akan membantu memimpin dalam memaksimalkan manfaat listrik," kata Kinoshita.

Sebelumnya, pada September 2020, empat merek besar Jepang yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki berencana untuk berkolaborasi melakukan uji coba di Osaka, Jepang.

Meskipun tidak semuanya terdaftar dalam konsorsium baru ini, tujuannya tetap sama. Hanya saja, Suzuki dan Kawasaki belum jadi bagian dari anggota pendiri konsorsium baru dengan adanya KTM dan Piaggio.



Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X