Kompas.com - 02/03/2021, 17:01 WIB
Pikap kabin ganda australian style outbackjoePikap kabin ganda australian style

JAKARTA, KOMPAS.comOverland merupakan kegiatan bepergian keluar kota lewat jalur darat. Saat ini, banyak juga pemilik kendaraan yang menggunakan mobilnya sendiri untuk overland atau melakukan road trip.

Untuk memenuhi kebutuhan bepergian dengan mobil tersebut, ada beberapa aksesoris yang disematkan pada mobil tersebut. Gaya modifikasi ini bisa disebut dengan overland atau dikenal juga dengan Australian Style.

Pebalap Off Road Nasional Julian Johan mengatakan, gaya overland ini sebenarnya sejak dahulu sudah diterapkan di Australia. Kalau mobil yang digunakan, biasanya Sport Utility Vehicle (SUV) modern atau double cabin.

Baca juga: Mengenal Honda Giorno, Lebih Bulat dari Scoopy

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Laksana Motor (@laksana_motor)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau masalah 4x4 atau 4x2, saat ini sudah banyak lokasi untuk camping yang bisa dilalui mobil dengan penggerak 4x2. Jadi pada akhirnya mobil 4x2 bisa ikutan overland atau bahkan yang bukan SUV sekalipun,” ucap pria yang akrab disapa Jeje kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Mobil dengan penggerak 4x4 biasanya digunakan saat overland menuju daerah yang masih harus melalui jalur-jalur off road. Untuk modifikasinya, Jeje mengatakan kalau hampir sama untuk off road juga, tetapi gayanya yang berbeda.

“Misalnya untuk bumper depan pakai bull bar. Bumper belakang ganti dengan model besi yang ada tambahan bracket untuk jeriken dan ban serep. Lalu di atas ada roof rack atau roof tent dan di samping ada foot step tambahan untuk melindungi mobil,” kata Jeje.

Baca juga: Resmi, Harga XL7 dan Ertiga Turun Rp 13 Juta, Imbas PPnBM 0 Persen

Kemudian selain tambahan aksesoris tadi, ada beberapa komponen yang dimodifikasi. Misalnya seperti meninggikan mobilnya sedikit, menggunakan lift kit 2 inci dan maksimal sekitar 4 inci. Terus juga penggunaan bannya tidak perlu yang terlalu ekstrem.

“Pakai ban All Terrain (A/T) pun cukup, tapi banyak juga yang merasa ‘nanggung’ jadi memakai model Mud Terrain (M/T). Untuk winch-nya, semestinya ketika overland melewati trek yang tidak terlalu berat, jadi spesifikasinya tidak perlu terlalu tinggi dan itu sudah lebih dari cukup,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X