Musim Hujan Harus Tetap Rajin Cuci Motor, Begini Cara yang Benar

Kompas.com - 26/02/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi mencuci sepeda motor IstimewaIlustrasi mencuci sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan membuat tampilan sepeda motor jadi cepat kotor. Untuk itu, pemilik motor dituntut untuk lebih rajin dalam merawat kendaraannya, seperti kegiatan mencuci.

Saat musim hujan, tak sediki pemilik motor yang malas untuk mencuci kendaraannya karena berpikir nanti akan turun hujan lagi dan membuat motor menjadi kotor kembali.

Baca juga: Aksesori Motor yang Wajib Dihindari Biker Saat Musim Hujan

Padahal, pemikiran tersebut justru salah. Di musim hujan, motor harus rajin dicuci setelah diguyur hujan.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, di musim hujan ini, motor sering kali lebih kotor karena cipratan air hujan. Sehingga, kotoran juga dapat menempel pada bagian-bagian tertentu.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Motor yang bersih akan nyaman digunakan oleh semua orang dan dapat menghindari adanya kerusakan yang mengakibatkan memburuknya kinerja mesin sepeda motor,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat mencuci motor agar tetap aman dan nyaman, serta terhindar dari kerusakan.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Motor Cepat Rusak di Musim Hujan

"Sebelum mencuci sepeda motor, pastikan terlebih dahulu mesin sudah dalam keadaan kondisi suhu dingin. Sebab, bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan,” kata Ade.

Bilas terlebih dahulu semua permukaan motor dengan air bersih sampai kotoran yang menempel pada bagian bodi sepeda motor hilang. Lakukan dengan lebih hati-hati terhadap kotoran yang menempel di bagian panel bodi, karena dapat merusak lapisan cat.

Sebaiknya, cuci motor dengan cairan sabun khusus berbahan cair. Hati-hati jika menggunakan bahan kimia saat mencuci, seperti deterjen bubuk atau sejenisnya. Sebab, dapat merusak dan memudarkan warna pada lapisan cat bodi motor.

Ilustrasi cuci motorhttp://4.bp.blogspot.com/ Ilustrasi cuci motor

"Gunakan spons halus ketika mencuci sepeda motor, agar tidak merusak permukaan cat bodi sepeda motor," ujar Ade.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X