Kebiasaan yang Bikin Motor Cepat Rusak di Musim Hujan

Kompas.com - 24/02/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi cuci motor afifmotor.files.wordpress.comIlustrasi cuci motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras atau sedang masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam musim hujan seperti sekarang ini, memang cukup sulit menjaga motor tetap bersih.

Namun, dengan menjaga motor tetap bersih, sama dengan menjaga motor tetap terawat. Tak hanya tampilannya saja, tapi juga fungsi komponen-komponennya.

Baca juga: Ini yang Wajib Diwaspadai Saat Berkendara di Musim Hujan dan Banjir

Ketika motor diguyur hujan, sebaiknya lekas dibersihkan atau dicuci. Sebab, Air hujan dapat berdampak buruk pada beberapa komponen jika dibiarkan sampai mengering.

Beberapa komponen yang bisa terdampak yaitu cat bodi, rantai dan suspensi.

Ilustrasi cuci motorhttp://4.bp.blogspot.com/ Ilustrasi cuci motor

Joey Tumanduk, pemilik Fusion Motocare and Detailing, mengatakan, air hujan dapat membuat tampilan bodi motor menjadi kusam.

"Ada kandungan zat asam yang bisa mempengaruhi permukaan bodi motor. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa membuat permukaannya jadi terlihat kusam," ujar Joey, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, membiarkan air hujan yang tak dibersihkan cepat membuat rantai berkarat.

Baca juga: Begini Cara Mudah Rawat Jok Motor di Musim Hujan

"Kandungan zat asam pada air hujan dapat membuat rantai motor menjadi berkarat," kata Ade, dalam keterangan resminya.

Rantai motor yang berkarat menimbulkan suara kasar, karena membuat pergerakan rantai jadi terganggu. Selain itu, rantai juga berpotensi lebih cepat putus.

Ilustrasi mencuci sepeda motorIstimewa Ilustrasi mencuci sepeda motor

Di bagian suspensi, kotoran atau debu yang menumpuk juga dapat menyebabkan kerusakan pada as sokbreker hingga mengakibatkan kebocoran pada suspensi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X