Kenali Risiko Saat Fan Belt Mobil Putus

Kompas.com - 25/02/2021, 11:42 WIB
Fan belt pada mobil harus rajin dicek, minimal tiap 20.000 km. Otomania-Donny AprilianandaFan belt pada mobil harus rajin dicek, minimal tiap 20.000 km.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fan belt pada mobil mempunyai fungsi yang cukup vital dalam meneruskan putaran ke puli dan kinerja komponen lainnya.

Perangkat yang terbuat karet tahan panas ini menghubungkan sejumlah komponen ketika mesin mobil dinyalakan.

Komponen yang mendapatkan suplai dari putaran fan belt ini di antaranya alternator, power steering, ac hingga komponen lainnya.

Maka dari itu, komponen yang berada tepat di depan mesin dan di balik radiator ini harus dipastikan kondisinya tetap bagus dan layak digunakan.

Baca juga: Dapat Uang Rp 24 Miliar, Pria Ini Beli Xpander meski Belum Bisa Nyetir

Fan belt yang kondisinya sudah aus dan tidak segera diganti tentunya akan berisiko menyebabkan masalah jika nantinya putus saat kendaraan digunakan.

Ilustrasi mesin overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin overheat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, fan belt tersebut memutar beberapa komponen salah satunya adalah alternator.

Sehingga, jika karet tersebut sudah getas atau aus dan putus maka akan berdampak pada suplai arus yang masuk ke aki atau baterai.

“Belt itu memutar pompa air (water pump), kipas (ada juga yang elektrik) alternator, kompresor ac bahkan power steering yang masih menggunakan fluida. biasanya kalau putus lambang aki nyala, tanda alternator yang mengisi tegangan listrik,” kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Cerita Sutrisno, Dapat Uang Rp 15, 8 M Langsung Beli HR-V, Xpander, Innova, dan Pikap

Didi juga mengatakan, risiko lain yang juga bisa terjadi ketika fan belt putus adalah mesin mengalami panas berlebih.

Hal ini terjadi, karena ketika belt putus maka akan berpengaruh terhadap kerja pompa air yang berfungsi mengatur putaran air pada radiator untuk menjaga kondisi panas mesin.

Alternator mobilcarvaganza.com Alternator mobil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.