Begini Cara Mudah Rawat Jok Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 23/02/2021, 12:42 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan astramotor.co.idIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Jabodetabek dan sekitarnya belakangan ini kerap diguyur hujan lebat. Bahkan sempat menimbulkan beberapa genangan air alias banjir di beberapa ruas jalan.

Bagi Anda pengguna sepeda motor, kelengkapan berkendara harus diperhatikan. Khusus untuk jok motor agar tidak mudah basah bisa memakai sarung jok anti air yang banyak beredar di pasaran.

Baca juga: Motorhome Mewah Basis Medium Bus buatan BAV

Andry Herdiyana, Pemilik workshop khusus jok Relaxseatmodification, mengatakan, untuk musim hujan memakai sarung jok anti air merupakan cara paling mudah merawat jok.

“Bahannya bermacam-macam, tapi umumnya berbahan dasar seperti payung (waterproff). Tinggal dilapisi saja joknya. Biasanya dipakai waktu hujan,” ujar Andry saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Ketebalan busa jok motorStanly/Otomania Ketebalan busa jok motor

Menurut Andry, pengendara tidak perlu kuatir dengan tampilan sarung jok karena banyak yang jual menyerupai jok asli.

“Sudah demikian, pemasangannya juga cukup mudah karena memakai tali atau karet. Tampilannya juga rapih, jadi dipakai tidak masalah,” katanya.

Baca juga: Honda GB350 Menyapa, Intip Bedanya dengan HNess CB350

Pada bagian bawah juga sudah ada seperti slot untuk tas sling bag, sehingga tidak akan membuat tampilan jok mengkerut.

Meski berguna saat musim hujan, Andry menambahkan sarung jok juga bisa dipakai untuk banyak kesempatan.

“Contohnya, jika motor parkir di luar ruangan ketika matahari terik, sarung membuat jok tidak panas dan kulit mudah getas,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X