Marc Marquez Optimistis Balapan di MotoGP Qatar 2021

Kompas.com - 23/02/2021, 17:01 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, menargetkan diri untuk bisa kembali ke lintasan balap pada MotoGP Qatar 2021 yang direncanakan terselenggara pada 28 Maret 2021.

Akan tetapi, untuk mengabulkan keinginannya tersebut, Marquez harus merelakan tes pramusim yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, karena wajib menjalani pemulihan insentif.

"Saya tidak akan ikut tes Qatar, sudah saya lupakan. Sebagai gantinya, di pertengahan Maret 2021 saya akan menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lengan lagi. Saat itulah kita akan lihat kelanjutannya," ujar dia, seperti dilansir Speedweek, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Repsol Honda Luncurkan Motor 2021 Bersama Marc dan Pol

Marc Marquez start dari posisi terakhir saat balapan di Valencia pada Moto2 2012, tapi sanggup finis pertamaMotoGP Marc Marquez start dari posisi terakhir saat balapan di Valencia pada Moto2 2012, tapi sanggup finis pertama

Pada awalnya, Marquez mengaku bahwa target dia ialah tampil pada tes pramusim di Qatar. Namun, inisiatif tersebut ditentang keras oleh para tim medis yang melakukan perawatan lengannya.

Ia sendiri bisa mengetahui soal izin tersebut pada pertengahan Maret karena akan melakukan pemeriksaan lagi dengan dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Para dokter mengatakan tidak (untuk ikut tes di Qatar), saya menerima. Target kedua saya sekarang adalah mencoba mempersiapkan diri untuk balap pada GP Qatar, tergantung situasinya," ujarnya.

"Jika tidak memungkinkan, saya akan mencoba berada di seri kedua Qatar. Jika tidak memungkinkan, saya akan mencoba berada di Portimao. Ini akan menjadi prosesnya," lanjut Marquez.

Baca juga: Pengumuman Resmi Honda soal Kondisi Marc Marquez

Marc Marquez dengan livery untuk MotoGP 2021Dok. Repsol Honda Marc Marquez dengan livery untuk MotoGP 2021

"Saya akan mengendarai motor MotoGP ketika merasa dalam kondisi yang bisa diterima oleh semua pihak, yaitu kondisi baik. Maksud saya, jika besok dokter mengatakan bisa, saya akan langsung melakukannya," papar dia lagi.

Sebagaimana diketahui, Marquez saat ini sudah hampir satu musim penuh tidak lagi berpacu kecepatan di lintasan balap MotoGP karena cedera yang dialaminya.

Cedera tersebut didapat Marquez usai terjatuh dari motornya pada balapan perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Ia langsung dialihkan ke meja operasi guna mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Baca juga: Honda Punya Gratis Servis dan Cicilan Ringan di IIMS Virtual 2021

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Tak berselang lama, ia dinyatakan mengalami cedera patah tulang di bagian bahu. Hanya saja, tidak fatal dan bisa dengan segera kembali menunggangi RC213V.

Akan tetapi, pada MotoGP Andalusia 2020, cedera Marquez malah tambah parah. Lalu, tim medis memutuskan untuk melakukan operasi kedua di bagian yang sama.

Dalam masa pemulihannya, tim secara tiba-tiba mengabarkan bahwa Marquez harus kembali ke meja operasi pada Desember 2020 karena ada suatu masalah. Sampai saat ini, ia dalam tahap pemulihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Speedweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.