Jangan Nekat, Ini Batas Aman Sepeda Motor Terobos Banjir

Kompas.com - 20/02/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan astramotor.co.idIlustrasi berkendara saat hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir terjadi di sejumlah wilayah seperti di Jakarta, Bekasi dan beberapa daerah lainnya, usai hujan deras yang terus mengguyur.

Kondisi ini membuat pengendara sepeda motor yang terjebak dan terpaksa menerjang genangan air di jalan raya.

Akibatnya, kendaraan roda dua tersebut mengalami mati mesin atau mogok saat melintas di jalan yang tergenang air.

Mengendarai sepeda motor dan terpaksa menerjang jalan yang banjir memang tidak boleh sembarangan, karena air bisa masuk ke mesin dan menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Dapat Uang Miliaran Rupiah, Warga Jenu Tak Mau Beli Mobil Murah

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor ( AHM), mengatakan, jika terpaksa harus melintasi jalan yang tergenang banjir sebaiknya mengetahui ketinggian air terlebih dahulu.

Terabas banjir Foto: WinNetNews Terabas banjir

Dipastikan ketinggian air masih aman untuk dilewati atau tidak melebihi tinggi dari ujung knalpot sepeda motor.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintas di lokasi yang banjir,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tetapi, Endro menambahkan, jika ketinggian air dirasa melebihi dari lubang ujung knalpot sebaiknya pengendara tidak memaksakan untuk melintasinya.

Hal ini cukup berisiko dan bisa saja sepeda motor mengalami mati mesin ketika dipaksa melewati genangan air yang cukup tinggi.

Baca juga: Cerita Sutrisno, Dapat Uang Rp 15, 8 M Langsung Beli HR-V, Xpander, Innova, dan Pikap

“Jika ketinggian air melebihi batas maksimal yakni ujung knalpot, sebaiknya pengendara tidak perlu memaksakan untuk melintasinya,” ucapnya.

Motor terabas banjirFoto: Kaskus Motor terabas banjir

Apabila sepeda motor sudah mengalami mogok ketika melintas di jalan yang tergenang, sebaiknya juga tidak langsung dihidupkan.

“Jika air melebihi batas ketinggian yang aman, lebih baik motor jangan langsung dinyalakan. Dikhawatirkan ada air yang masuk ke bagian kelistrikan dan mesin,” tuturnya.

Baca juga: Dapat Uang Rp 24 Miliar, Pria Ini Beli Xpander meski Belum Bisa Nyetir

Untuk itu, sebelum nekat melintas di jalan yang banjir pengendara disarankan untuk memastikan bahkan jalan tersebut aman untuk dilewati.

Sehingga, saat kendaraan melaju bisa tetap aman dan tidak mengalami kerusakan yang bisa membuat mesin tidak bekerja.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X